MANFAAT WAJIB MILITER

Dalam tahun 2007 Departemen Pertahanan RI membuat RUU Wajib Militer dan diajukan ke DPR RI, tapi sampai sekarang belum mendapat persetujuan dengan berbagai alasan, salah satu alasannya antara lain adalah pelaksanaan UU Wajib Militer membutuhkan Anggaran Belanja Negara yang sangat besar, sedangkan Negara masih membutuhkan anggaran yang sangat besar untuk prioritas yang lebih penting, yaitu recovery perekonomian Negara…

Diluar pro dan contra tentang perlunya UU Wajib Militer di Indonesia, saya ingin menyampaikan pendapat saya pribadi tentang ini…

Benar bahwa kondisi keuangan Negara RI saat ini masih berat menanggung biaya pembayaran hutang Negara yang sangat besar, termasuk kasus BLBI, sehingga prioritas utama anggaran belanja Negara harus digunakan untuk recovery ekonomi Negara…

Juga benar pendapat Dephan RI yang menganggap perlu UU Wajib Militer di Indonesia seperti yang dilakukan oleh berbagai Negara yang demokrasinya sudah mapan seperti Amerika Serikat…

Perlu diingat bahwa Negara Amerika Serikat adalah Negara yang menganut politik supermasi sipil (warga Negara sipil yang boleh ikut berpolitik praktis, militer tidak), tapi sejak lama sudah memberlakukan UU Wajib Militer dinegaranya..

Mengapa demikian? Negara Amerika Serikat dibangun oleh para founding fathernya yang sebagian besar para migrant dari Eropa Barat dengan modal karakter dan mental yang sangat kuat untuk menjadi penakluk daerah baru yang sangat ganas waktu itu…( ingat istilah bagi benua Amerika: “Wild west” yang berarti Daerah Barat yang ganas)..

Nenek moyang rakyat Amerika ditempa dengan menjalani hidup yang sangat keras beberapa ratus tahun melawan alam, penduduk asli bangsa Indian dan para bandit dan mafianya….

Bangsa Amerika ditempa menjadi suatu kekuatan Negara yang sangat kuat dan professional pada saat memimpin sekutu melawan tiga Negara penjajah dan fasis yaitu Jerman, Italia dan Jepang pada Perang Dunia ke II ( 1939-1945)….

Ilmu Manajemen Militer pemerintah AS saat sukses memimpin sekutu (Inggris, Perancis, Rusia, dll) memenangkan Perang Dunia ke II inilah yang  dijadikan basis ilmu manajemen pemerintahan Amerika Serikat, termasuk manajemen perekonomiannya..( Ingat Jendral Dwight Eisenhower sebagai presiden AS setelah memenangkan PD II)…Semua manajemen militer diadopsi di seluruh perusahaan besar Amerika Serikat, sebagai basis manajemen perusahaannya.

Para pemimpin bangsa Amerika, khususnya para presidennya , hampir seluruhnya adalah veteran perang dunia II atau perang Vietnam yang sangat berpengalaman dalam manajemen militer yang kemudian ditransformasikan kedalam manajemen sipil di Amerika Serikat..

Manajemen militer itu pula yang menyebabkan manajemen pemerintahan AS sangat kuat…salah satunya dari aplikasi manajemen militer itu adalah menerapkan UU Wajib Militer….

Mengapa demikian?…Pelatihan Wajib Militer adalah tempat menggodok seorang warga Negara sipil yang polos, menjadi seorang yang tangguh, tanggon, trengginas….memiliki disiplin, kesetia kawanan/loyalitas terhadap corps/bangsanya, rela berkorban, keberanian membela haknya, memiliki ethos kerja tinggi….

Yang paling menyolok dalam kehidupan militer adalah pemberlakuan hukum disiplin yang sangat ketat selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 30 hari dalam sebulan serta 365 hari dalam setahun… sehingga berlaku motto: “Disiplin adalah nafasku, pengabdian adalah kebanggaanku…”

Bayangkan, bagaimana kalau seorang pemuda yang masih polos, harus bangun setiap hari dengan terompet pagi antara jam 4-jam 5 pagi, terus apel senam pagi yang berudara sangat dingin di Cikole Bandung, terus mandi pagi berombongan dipancuran air dingin sedingin es, dilanjutkan makan pagi jam 6 pagi, terus mempersiapkan diri di barak, membersihkan perlengkapan tidur dan laras senjata agar mengkilap,kemudia apel pagi jam 7 pagi dengan berbagai acara pemeriksaan kebersihan dan kerapihan perlengkapan mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala, pemeriksaan kebersihan senjata. Terutama larasnya harus selalu mengkilap walau malamnya ada latihan menembak malam….Selanjutnya selalu saja ada hukuman pada saat apel, baik perorangan atau kolektip yang membuat hati kesal, jengkel dan akhirnya harus pasrah….

Setelah selesai apel pagi, dilanjutkan dengan berbagai latihan militer yang menguras tenaga, makan siang ransum dilapangan…dilanjutkan latihan sore…makan malam ..apel malam jam 21.00 dengan berbagai acara pemeriksaan dan hukuman…sudah cape, ngantuk tapi harus tetap giliran jaga malam setiap orang satu jam…tengah malam  jam 02.00 diadakan latihan pendadakan harus segera berpakaian dan bersenjata lengkap dan siap ditempat apel hanya dalam waktu 5 menit…kalau terlambat ( biasanya pasti terlambat) dihukum masuk comberan tengah malam,,jam 03.00 baru selesai…nanti jam 4.30 sudah terompet bangun pagi lagi dan terus apel pagi jam 5…dst.. Terus begitu dan begitu selama 3 bulan nonstop…itulah gambaran latihan basis militer….belum masa perpeloncoannya yang dipukuli sampai berdarah….dan latihan merayap ditembaki peluru tajam diatas kepala, serta naik turun tebing serta meluncur tebing yang sangat berbahaya……

Setelah tiga bulan, sipemuda polos akan berubah menjadi seorang pemuda yang siap untuk dibina menjadi seorang yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara dengan mental dan fisik yang kuat ….yang memiliki ethos kerja tinggi….apalagi kalau Latihan Wajib Militer diberlakukan 2 tahun seperti di Amerika Serikat…

Kalau UU Wajib Militer telah bisa terlaksana seperti Di Amerika Serikat dan RRC/Tiongkok, saya yakin kwalitas kinerja rakyat Indonesia yang sekarang ini ratingnya terendah di Asia, akan naik drastis…ujungnya kesejahteraan rakyat akan meningkat pula….

Dalam kesempatan lain akan saya ceritakan pengalaman saya mengalami berbagai latihan militer dan masa sulit di AMN selama 3 tahun…dan juga apa manfaatnya bagi saya pribadi..

20 pemikiran pada “MANFAAT WAJIB MILITER

  1. saya sangat setuju dengan akan di adakannya wajib militer di indonesia,mudah-nmudahan dengan adanya wajib militer cara pandang masyarakat indonesia akan berubah dari yang bersifat individualis menjadi masyarkat yang mempunyai cara pandang yang berdisiplin dan mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi,golongan,dan agama

  2. Asswrwb, Hairun…
    Terima kasih atas omentarnya, mdah mudahan ada anggota DPR RI yang sempat baca Blog ini dan komentar anda….

    Saya mendambakan bangsa Indonesia yang berdisiplin tinggi, tangga, anggon, trengginas dan memiliki nasionalisme positif yang kuat…

    Saya terapkan pada anak anak saya walaupun bukan di lingkungan militer (dilingkunganESQ LC), tapi memiliki disiplin dan ethos kerja sangat tinggi..
    Era sekarang adalah era supermasi sipil, karena itu anak sayatidak saya masukan ke militer…harus menjadi orang sipl tapi berdisiplin lebih baik dari militer….( tapi mantu saya ada yang dari Kopasus juga sih..untuk penerus dilingkungan militer)…

  3. Saya optimis om, dgn WaMil mental pemuda khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya akan berubah. Kesemuanya itu akan bermuara kpd keteraturan atw ke DISIPLINAN.

    Jika setiap warga Indonesia tlh memiliki kesadaran dan kedisiplinan tinggi maka negara tak perlu susah payah mengatur rakyatnya, negara dan pemerintah cukup mengarahkan saja.

    Saya merasakan betul manfaat disiplin militer (karena sudah yg diterapkan ayah sejak kami kecil). Dan Alhamdulillah ketika kami dewasa memahami mana yg pantas dan tidak pantas, mana yg baik dan tidak baik. Tentu saja pendidikan agama juga sangat berperan dalam pembentukan mental pemuda dan masyarakat.

    Tentang anggaran, gaji Agt DPR aj di pangkas, kan mereka sudah hidup lebih dari layak. juga bisa buat beli/nambah ALutsista baru, agar pertahanan laut dan udara bisa lebih maksimal sehingga “ASING” akan pikir2 !

    SAVE OUR NATION

  4. saya juga sangat amat setuju. dengan akan diadakanya wajib militer tersebut. kepada pemerintah negara mohon perekrutan di stiap sekolah2 akademi maritim diseluruh negeri ini.karena banyak dari para taruna maritim yang menginginkan utk menjadi seorang militer beneran. pasti suatu saat nanti indonesia akan menjadi negara yang berpotensial, dlm segi penegakan hukum tak segan2 sekali berkata iya tetap iya, tdk ada kata2 suap atau nanti2, atas dasar militer saya jamin akan ada ketegasan tanpa pandang bulu. MOHON SECEPATNYA UTK DI TINDAKLANJUTI. INI ADALAH LEBIH PENTING UTK KESELAMATAN/BENTENG NEGARA RI KUSUSNYA. terimakasih.

  5. Pada dasarnya WAMIL (wajib militer) itu sangat penting juga utk kekuatan negara khususnya NKRI. kenapa penting, karena pada jaman penjajahan dulu saja kekuatan militer memang sangat dibutuhkan utk melawan penjajah. tapi kenapa sekarang tubuh militer seakan akan melemah, karena sebagian masyarat di lndonesia ada yang tidak suka tentang dunia kemiliteran.hal itulah yang menjadi penghalang utk kemajuan militer maupun semi militer. sebenarnya jika wajib militer ini benar2 terbentuk di negara kita maka wamil tersebut pantaslah nanti diberi nama PETA (tentara pembela tanah air) kan harusnya seperti itu. maksud dan tujuannya ikut membantu dalam penegakan indonesia yang kokoh. menghadapi konflik2/kaum2 pemberontak. seperti FPI, klo jaman dulu namanya pmbrontakan karto suwiryo. siapa yang akan memanfaatkan otak2 yang cenderung lemah utk di jadikan kedok utk memerangi/merongrong pemerinyahan indonesia. itulah yang harus kita berantas/kita perangi. demi negara indonesia dan bangsanya. mari bangsa ini kita bawa dan kita junjung supaya menjadi bangsa yang identik dan nasionalisme. seluruh perguruan tinggi maritim/pelayaran semua menjadi perwira cadangan/siap utk menjadi tentara peta. saya yakin hal ini akan saja bisa terjadi oleh karena para kaum2 pemberontak seperti jaman dulu. saya adalah sosok yang anti thd pemberontak, saya lebih identik dg mempertahankan bangsa indonesia. kepada bapak dewan pimpinan negara bentuklah dg segera tentara peta. semangat indonesia adalah semangat perjuangan yang gigih spt bungkarno. *** DANPROVTAR***

  6. setuju abis……..biar para pejabat negara nanti semua punya PD yang tinggi dan tidak takut terhadap resiko….kata orang biar kagak popularitas murahan…orang2 yg menolak keliatan malesnya, karena takut kena giliran..hiiiii amit2 bangun jam 4 trus senam pagi…….kt mereka..

    seandainya usman hamid ikut wajib militer gmana ya om?

  7. Setuju..Kalau ada WAMIL…dan saya masih bersedia ikut kalau boleh/bisa (umur 35 th)..dulu sebelum masuk kerja ada semacam susbintal selama 5 Minggu…manfaatnya banyak sekali…
    Satu lagi biar indonesia jadi negara yang kuat dan bermartabat..soalnya pemudanya punya karakter yang perwira semua…wass

  8. sy kini sdh siapkan dan perintahkan pd anak sy yg akan lulus S1 untuk segera daftar menjadi Wamil…

    tapi anak sy skrg sdg cari tempat dimana daftarnya..
    lokasi sy di Jakarta Timur,, (Cakung)

    • hasan weal, asswrwb…..

      trims atas apresiasinya terhadap tulisan saya ttg wajib militer di Indonesia….
      tapi setahu saya wajib milter masih diproses di DPR Ri…belum ada UU nya….kita doakan saja segera selesai RUU Wamilnya dan dijadikan UU…

  9. Ass wr wb

    sekadar ide pak…

    Ini untuk Angkatan Darat …

    Setiap Babinsa Koramil membina satu kader perlawanan teritorial yang sebelumnya telah diamati loyalitas kepada negara ( harus), kedisiplinan, dan strata pendidikan dan hal lainnya dsb yang memadai agar mampu tidak hanya secara fisik tetapi secara intelektual mampu membimbing warga di sekitar tempat tinggal akan pentingnya rasa kebangsaan, nasionalisme dan cinta tanah air.

    Bayangkan setiap desa kita bisa punya satu kader yang setidaknya mampu memimpin satu regu saja untuk keperluan pertahanan semesta.Berapa juta orang kader perlawanan teritorial yang kita punya…kan banyak.

    Apabila keadaan udah mendesak, mereka diberi materi tentang sabotase atau membuat rintangan terhadap rute-ruite yang diperkirakan akan dipakai lawan, pengamatan dan pengumpulan data terhadap lawan, pendataan potensi desa yang cukup untuk logistik,gudang makanan, tempat pengintaian, pengunduran dan pengungsian dan materi lain yang relevan dengan kemampuan massa sebagai unsur perlawanan.

    Saya rasa kegiatan yang bersifat untuk bela negara asal dikemas dengan baik selama tidak melupakan esensinya Insya Allah akan mampu diterima masyarakat yang masih awam.

    Itu sedikit dari saya pak Nur…maklum masih belajar, terima kasih pak Nur, Insya Allah tulisan bapak diblog ini menambah khasanah ilmu tentang perlawanan rakyat semesta bagi saya dan teman-teman yang peduli dengan NKRI.

    Merdeka

    Wass wr wb

  10. Tidak perlu diragukan lagi wajib militer membentuk karakter yang sangat baik, sebagai engineer specialist yang berkarir secara internasional saya punya banyak rekan kerja engineer yang ex-US Army, ex British Army, ex Singaporean army, ex-Legiun Asing Perancis, Ex-Finnish army.

    Semuanya memiliki kepemimpinan yang kuat, tegas, berani dan berdisiplin tinggi. Mereka berani melakukan pekerjaan di oil rig di tempat-tempat berbahaya di Irak, di Afrika, di Amerika Selatan.. Dimana saja di dunia ini tanpa takut..

    Mereka bisa melakukan operasi engineering bawah laut maupun di menara dengan ketinggian 300 meter lebih.

    Saya setuju jika Indonesia ada wamil, ROTC (Reserve Officer Training Corps) atau Army National Guard.

    Juga lulusan S1 boleh berdinas militer selama 3-5 tahun seperti militer Inggris/Amerika. Di luar negeri seorang yang telah menyelesaikan dinas militernya bisa dengan mudah masuk ke dunia sipil dan mendapat berbagai posisi penting untuk level managerial.

    Kalau ada wajib militer saya akan cuti pulang ke Indonesia untuk ikut sebagai tanggung jawab saya sebagai warganegara RI.

    Salam buat pak Nurhana, salah seorang panutan saya yang bersedia membagikan pengalamannya di blog ini.

  11. Ulasan yg bagus pak. Tapi saya tidak setuju dengan wamil, karna menurut saya wamil hanya membuang2 waktu saja. Bagaimana jika sedang sekolah atau kuliah? apakah harus mengorbankan masa studinya untuk ikut wamil? lalu baru melanjutkan kuliahnya lagi?
    buang2 waktu saja.

    lebih baik membangun pedidikan yg kokoh dahulu baru wamil. toh dana untuk wamil pasti dikorupsi juga oleh bejabat korup.hahahaha

  12. Sejarah memang berpengaruh besar bagi berdirinya bangsa, di Indonesia masakini memang terlalu bebas dan berani, menghina pimpinan negara atau pemerintahan sudah amat sering dijumpai di Televisi atau langsung.
    Timbul pertanyaan dari saya, apakah mereka yang seperti itu bisa lebih baik jika keadaannya terbalik, pendemo2 dan lsm yang hanya memanfaatkan tameng hidup dan generasi muda lemah.
    wajib militer seharusnya menjadi agenda pokok yang harus didukung malah tidak terdengar dikalangan masyarakat proaktif. Kenapa pada saat suatu peristiwa tetang klaim suatu kebudayaan mereka menyuarakan peperangan, tanpa memikirkan kekuatan kita, seperti kuman di seberang lautan saja tampak, namun gajah dihadapan mata saja tidak nampak.
    Jika benar2 terjadi perang, bukannya saya merehkan bangsa tercinta ini, kemungkinan besar kekalahan dan aib yang akan kita terima dan bukan sebuah pengakuan atau kekuasaan jika mental dan ideologi bangsa kita makin mundur.
    Saya sangat setuju dengan pendapat Pak Tirta, segera gunakan amunisi muda kita dan melihat masa depan dengan kekuatan militer terbesar di dunia bukanlah sebuah khayalan belaka, dengan SDM dan SDA kita sudah pantas kita berekspansi menjadi negara adidaya selanjutnya. Bukan Amerika, Inggris, dan kawannya. Kita terlalu takut atau malu untuk sekedar mengembangkan ideologi negara maju kedalam negara kita.
    Dunia sudah kritis, perekonomian saja sudah kembang kempis, perebutan kekuasaan tidak kita sadari sudah terjadi. Menghitung tahun untuk Perang Dunia III.

  13. Saya setuju dgn diadakannya wamil asalkan wamil dilaksanakan dgn sebaik-baiknya. Jangan sampai nantinya dengan adanya wamil muncul pungutan-pungutan liar baru. Pemerintah juga harus memperhatikan biaya yg akan dipakai untuk kegiatan wamil karena masih ada sektor lain yg masih membutuhkan seperti kesehatan dan pendidikan.

  14. Salam kenal pak. Sy sgt stuju dg ada nya wamil, cm sy kecewa dg perekrutan PAPK tni 2013 dmana dokter gigi dibutuhkan 7 (AD 2,AL 2, AU 3) yg ada di pusat 2 drg dan dari mabea drg juga 2. Tp dr 2 org yg terpanggil seleksi ke pusat hanya 1 drg yg masuk, 2 drg dari mabea sdh bs dipastikan masuk. Yg jd ganjil di brosur tertulis kebutuhan TNI tdk sesuai malah sangat bs berubah saat sidang pantukhir. Dan cenderung ada nya siapa yg punya “bendera” yg kuat bisa masuk. Sy melihat juga yg tidak lulus jatuhnya di psikologi yg menurt sy penilaiannya sgt subyektif (TMS/MS) tp tdk ada spesifikasi seperti samapta. Samapta terukur dan hasil/nilai nya bs terlihat. Jd wajib militer susah terwujud bila masih ada tradisi yg kurang baik. Jgn sampai wajib militer hanya untuk keluarga TNI yg punya jabatan dan pangkat yg tinggi. Tp tradisi mmg susah berubah klo menganut GARIS TANGAN DAN CAMPUR TANGAN. Salam..

  15. menurut ku wajib militer tdk perlu di lakukan d negara yg mayoritas muslim. Krn muslim punya kewajiban melaksanakan ibadah 5 waktu. klau negara kebanyakan non muslim itu ibadah ny satu minggu sekali jdi tdk ada beban. Muslim itu akan menghadapi bulan puasa. Apa bulan puasa hrs wajib militer. pikirkan aherat bkn duniawi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s