SUKA DUKA DI AKADEMI MILITER NASIONAL (episode 5)

Atas permintaan pembaca, saya lanjutkan tulisan auto biografi di AMN episode 5…..

Seperti cerita saya di episode 1, saya masuk AMN dengan motif untuk membahagiakan ayah saya…tapi sekaligus telah mengambil resiko harus melepaskan pacar saya saat itu ( pacar sejak saya duduk kelas 3 SMA Negri Bogor, jadi sudah berjalan 2 tahun…)….

Mengapa demikian?..Ayah pacar saya itu seorang kepala Sekolah Guru Atas di Bogor yang kurang senang terhadap kehidupan militer…demikian juga saudara saudaranya….Karena itu, pada saat test masuk AMN yang pertama kali (atas perintah ayah saya), saya tidak berusaha keras untuk lulus/tidak niat, sehingga saya gagal  dan pilih masuk Fakultas Ekonomi Universitas Pajajaran Bandung….( Nilai Ujian Terakhir SMA saya /tahun 1961 adalah no satu/terbaik se Jawa Barat…sehingga bebas masuk ke Universitas Negri manapun waktu itu..secara gratis…)..

Baru setelah kuliah di Fekon Unpad setahun dan bosan, akhirnya saya pilih menuruti kemauan ayah saya, mencoba kedua kalinya test AMN tahun 1962 dan lulus dengan gratis pula…(tanpa fasilitas dan bayar apapun..)..

Dengan demikian, pada saat saya memasuki kehidupan sebagai Taruna AMN, saya dalam status jomblo/tidak punya pacar…

Kondisi jomblo ini sangat membantu saya untuk berkonsentrasi kepada pelaksanaan tugas pokok sebagai taruna AMN yang relative sangat berat dan ketat, seperti hidup dalam penjara, terutama pada tahun pertama…

Tahun pertama di AMN saya masih bisa bertahan jomblo, kalaupun ada kenalan disekitar Magelang, Semarang dan Yogya, hanya sekedar teman biasa…

Tahun kedua, sebagai Sersan Taruna, dimana kegiatan Drumband Qanka Lokananta yang saya ikuti sering membawa saya tour ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogya dll, maka mulai ada “pacar” disetiap kota tersebut …Pacar dalam tanda petik, karena hanya bisa berpacaran kalu kami ketemu pada saat tour drumband atau cuti semester…cinta kilat gitulah…sekedar jalan bersama, makan bersama, nonton bioskop bersama, pegangan tangan, cipika cipiki…udah belum ada acara lebih dari itu…( kalau anak sekarang katanya itu sih kalau dipotret baru “pasfoto”, belum “Fullbody”…gak seru…kuno…)…

Tahun ketiga, saya sudah menjabat pimpinan drumband Qanka Lokananta, disebut sebagai Panatarama, Stick Master, Tambur Mayor/Mayorete…..Fans saya bertambah banyak…setiap selesai mimpin demonstrasi drumband fans mengerubungi dan minta tanda tangan   ( dulu belum ada HP, jadi gak diminta no HP )…

Dari sekian banyak fans, yang agak ekstra berani adalah seorang pramugari Garuda suku Menado…( belakangan dia menikah dengan Yon Kuswoyo dan meninggal ketabrak mobil…)…Kalau tour drumband ke Jakarta, dia selalu monopoli waktu pesiar saya, yang lain tidak kebagian…dia berusaha berpotret “fullbody” tapi saya beraninya cuma “pasfoto” aja…(entah masih kuno atau takut, atau memang disiplin Taruna AMN nya masih hebat..???)…

Dari sekian banyak fans yang merangkap pacar, akhirnya hati saya tercantol seorang gadis bali yang berinisial SNT…dia bekerja sebagai staff di BNI 1946 Jakarta…Usianya sama dengan saya…

Sejak resmi pacaran dengan dia di tingkat tiga AMN, saya konsekwen tidak melayani fans yang lain….sulit memang, mmenghindar dari fans yang fanatik…Tapi demi kesetiaan terhadap sang kekasih, saya rela menjauh dari semua fans disetiap kota tempat tour drumband Qanka Lokananta….

Hubungan resmi saya dengan SNT sudah mendapat restu dari keluarga saya yang tinggal di Serang dan Bogor, karena dia sudah saya perkenalkan kepada mereka….tapi ternyata ayahnya yang aanggota DPR RI sebagai Wakil Utusan Daerah Bali, tidak merestui, karena saya bukan beragama Hindu Bali….(Untuk yang berkasta tinggi, dilarang keras menikah dengan bukan suku Bali)…

SNT sendiri berusaha minta izin dari ayahnya untuk pindah agama Islam, tapi tetap tidak diizinkan…Terjadilah kisah cinta tanpa restu orang tua…berjalan tanpa kepastian…(dan tetap juga hanya sebatas Pasfoto saja…)… tapi rasanya cinta kami tulus dan murni….(terutama bagi saya sendiri, karena setelah dengan SNT, maka semua fans merangkap pacar disetiap kota, saya beritahu bahwa saya tidak jomblo lagi…)….Banyak anak buah saya dan teman seangkatan di AMN heran mengapa saya bisa ditaklukan oleh seorang gadis bali tersebut…Saya hanya tersenyum saja karena sulit untuk dilukiskan bagaimana rasanya jatuh cinta itu…

Dalam situasi kondisi yang tidak menentu ini, jatuhlah peristiwa G 30 S PKI…saya pada saat kejadian tersebut persis berada di Jakarta dengan pasukan Drumband Qanka Lokananta saya untuk memeriahkan HUT ABRI 5 Oktober 1965….

Akibat peristiwa pemberontakan G 30 S PKI tersebut pasukan drumband ditari ke Magelang dan kami di awasi secara ketat tidak boleh berkirim dan terima surat dari manapun, demikian juga telepon…Terputuslah hubungan komunikasi saya dengan SNT di Jakarta…..

Pada saat kondisi kritis seperti ini, pada tanggal 22 Desember 1965 kami akan dilantik menjadi Perwira TNI AD oleh Soekarno di Magelang…….Saya berusaha kontak ke SNT di Jakarta, tetap buntu….Saya bingung mau memberikan undangan pelantikan kepada siapa,karena saya terlanjur berjanji dalam hati bahwa saya hanya akan menyerahkan undangan pelantikan perwira saya, kepada calon isteri saya….

Dalam keadaan bingung tersebut, teman baik saya, juga kelompok komando di drumband Qanka Lokananta mengajak saya menghadiri undangan sebuah ulang tahun seorang keluarga jendral terpandang di Magelang…Walau agak malas, saya penuhi juga ajakannya…

Tapi rupanya langkah iseng ini telah merubah kisah cinta dan jalan hidup saya….( Benar juga filosofi yang berkata bahwa jangan sekali kali menganggap remeh suatu keputusan sekecil apapun…karena sesbuah putusan kecil telah pernah mengakibatkan pecah pernag dunia 1)…

Secara tanpa disadari saya hadir dalam suatu pesta ulang tahun yang disitu ada tiga orang gadis kaka beradik yang sudah mengenal saya sebagai stick master AMN dan mereka berebut menarik perhatian saya…….

Tapi saya berlaga cuek saja (kalau kata anak saya sekarang : Cool )…..Saya perhatikan dari tiga kaka beradik itu, ada satu yang lebih progresif dan proaktif, melayani saya dan memperlakukan saya ekstra atensi…dia adalah yang berinisial M, masih klas 3 SMA…yang tengah dari 3 kaka beradik…

Undangan pesta ulang tahun berkelanjutan dengan berbagai undangan makan, nonton film, berenang dll, sampai bergantian mereka satu persatu gantian saya undang pesta intern di kampus AMN…

Saya bagai hanyut dan terbuai oleh arus air yang berputar, bikin pusing tapi menghibur hati yang sedang gundah gulana terputus hubungan dengan SNT di JKT…

Hubungan pertemanan dengan ketiga kakak beradik akhirnya dimenangkan oleh yang berinisial M ini, walau murni tanpa komiment apa apa, tanpa pegangan tangan, cipika cipika atupun berfoto “pasfoto”….murni teman baik saja..( Bukan Teman Tapi Mesra seperti sekarang lho !!!)…lebih murni/bersih dibanding saat berhubungan dengan para fans disetiap kota dulu….Dengan alasan bahwa saya masih merasa terikat cinta dengan SNT di JKT…( Hebat ya kesetiaan seorang Taruna AMN dulu….)…

Akhirnya gadis M inilah yang terpilih mendapat surat undangan pelantikan perwira saya pada tanggal 22 Desember 1965….Sedangkan SNT di JKT yang dalam hati adalah sudah terpilih jadi calon isteri saya…tetap tidak bisa dihubungi..(suasana poloitik dan keamanan waktu itu masih sangat gawat)…

Pada pelantikan perwira tersebut saya menerima dua tanda penghargaan yaitu Bintang Kartika Cendekia, Lulus terbaik/no 1 di jurusan tempur dan Bintang Kartika Widyaka, lulus/naik tingkat terbaik selama tiga tahun berturut turut…Besoknya foto saya terpampang disemua surat kabar di Magelang dan Jakarta….

Melihat foto saya di surat kabar SNT di berusaha kontak saya (katanya)…tapi gagal….kamipun tetap terputus hubungan…

Kesedihan saya memang terobati oleh kehadiran M ini dipesta pelantikan perwira saya yang bersejarah…M inilah yang ikut merasakan kebanggaan saya pada saat menerima penghargaan dari Akademi…tapi dalam hati saya tetap tidak menganggap dia calon isteri saya….

Pada saat menjelang pulang ke Jakarta, selesai pelantikan, saya diminta menunda keberangkatan dan bermalam tahun baru 1966 di Magelang…..oleh gadis M dan keluarganya….

Dalam kebimbangan antara ya dan tidak, teman baik saya Sudarsono yang memperkenalkan saya dengan keluarga M minta saya memenuhi permintaan gadis M, dengan alasan gadis SNT di JKT kan tidak jelas beritanya…..Akhirnya saya ikuti saran teman saya itu….dengan catatan tetap tanpa komitment…..

Sekian dulu untuk episode ini, soalnya saya tukis langsung di weblog, bukan di back up…takut internetnya mati….

46 pemikiran pada “SUKA DUKA DI AKADEMI MILITER NASIONAL (episode 5)

  1. Sunarko dan Bambang Yudha, asswrwb…

    Rupanya ada juga yang baca artikel pribadi saya ini…Terima kasih atas apresiasinya….

    Layak untuk diangkat kelayar lebar?…terima kasih..biarlah saya tulis dulu semua artikel dimemory/otak saya yang berebutan ingin dituliskan kedalam blog….Kasihan artikel yang lain belum kebagian diekspose di situs ini…

    Biarlah nanti kalau memang dari artikel yang saya tulis ada yang menarik sutradara/produser untuk diangkat kelayar lebar, mereka pasti akan kontak saya….

    Cerita lanjutan artikel Gita Cinta Di AMN sengaja saya cut dulu, menunggu komentar pembaca, biar mereka penasaran, bagaimana kelanjutannya…

    Nanti akan saya lanjutkan cerita Gita Cinta tersebut di episode selanjutnya…sabar dulu mas Sunarko ya…

    Saya masih banyak cerita unik tentang liku liku kehidupan nyata saya dan juga anak anak saya mulai dari Endang Nuriayani (sekarang Ny. Letkol Inf Tri Yuniarto Dan Den Walpri Pres RI SBY), Endang Sri Handayani, yang sekarang tinggal di Jerman, Si Kembar Surya dan Jaya ( Yang hijrah dari kehidupan artis ke kehidupan spiritual di ESQ LC)…

    Sabar ya mas…

    Wassalam wrwb..

  2. ass. om…tolong jelaskan bagaimana persiapan untuk menghadapi tes psikotes akmil! dan juga tentang arti mimpi dan pengaruhnya dalam kehidupan nyata! terima kasih.

  3. Daim..asswrwb..

    Saya sudah tulis diblog tentang cara menghadapi psikotest…baik saya ulangi pokoknya saja:
    Jadilah diri anda sendiri, jangan bohong, jangan takut, lakukan semua dengan tenang dan wajar…

    Psikotest justru untuk mengamankan anda agar tidak keliru masuk militer, karena kehidupan militer itu sangat berat…kalau tidak cocok, yang rugi anda…pasti celaka nantinya…

    Kunci utama adalah lakukan pepatah: Do the best let God take the rest….Lakukan persiapan mental fisik anda sebaik baiknya, jangan percaya berbagai isu negatif, harus suap kiri kanan….percaya diri saja…

    The last but not least, shalat tahajud minta petunjuk dan izin Allah…

    Soal makna mimpi, saya kurang faham…Sebaiknya jangan terpengaruh oleh mimpi anda…Setahu saya berbagai tafsir mimpi yang dibuat pakarnya tidak bisa dijadikan pegangan…lebih banyak kelirunya…

    Setahu saya tidur yang terbaik adalah tidur tanpa mimpi sama sekali..itu yang paling sehat….Saya pribadi tergolong yang tak percaya tafsir mimpi….maaf ya..

  4. ass..
    pak masih ingat saya…
    wah cerita bapak kali ini sungguh mengungkap sisi lain seorang taruna ya…
    pak…mungkin cerita saya dengan kekasih saya yang saat ini berstatus kopral taruna tidak sesulit bapak…amin
    karena orang tua saya mensuport hbungan saya dengannya….
    saya harap doa dari bapak untuk hubngan saya in…
    saya sdah terlanjur sayang dengan dunia militer..
    dahulu,saya tidak faham..namun setlah membaca artikel bapak dari episode pertama membuat saya sedikit memahaminya,,karena bahasa tulis bapak yang mudah di fahami..
    ditunggu cerita yang lainnya pak..
    wss

  5. para pengunjung episode 5, asswrwb…

    Trims utk kunjungan dan komentarnya…

    Episode 6 belum sempat ditulis, masih sibuk jawab teman teman yang pengen masuk akmil dan yang konsultasi psikoterapi…

    Begitu ada waktu terluang dan moodnya baik, pasti saya tuliskan…

    trims atas apresiasinya…

  6. ass pak
    skr saya mlh bernasib sama ama bpk saya mencintai seorang perwira yang beda agama ama saya yg muslim sdgkan dia katolik saya sangat sayang ma dia,,cm saya terlahir dari keluarga yg taat agamanya ,, saya bingung ne pak

  7. lidia, asswrwb…

    cerita lidia mirip cerita salah satu anak laki laki kembar saya dulu, waktu sekolah di Australia dia dapat pacar beragama katolik…

    mereka pacaran sekitar 3 tahun…orang tua perempuan tidak merestui…saya hanya mengingatkan kalau berani nikah beda agama, harus mampu membawanya keagama kita Islam, kalau tidak bisa ya pernikahan itu menjadi haram hukumnya…

    saya tidak larang secara keras hubungan mereka, saya hanya berdoa kalau memang kehendak Tuhan ya saya ikhlaskan, kalau bukan kehendak Tuhan, hanya cinta birahi mereka berdua saja, tolong pisahkan mereka dengan baik baik…

    Tuhan maha mendengar dan maha bijaksana…tanpa saya marah, mereka putus sendirinya dengan baik baik dan anak saya sekarang menikah dengan muslim yang berjilbab…

    Jadi, saran saya bertanyalah kepada hati nurani sendiri, karena disitu letaknya Asmaul Husna..jangan pada emosi dan hawa nafsu birahi….

    Jawaban hati nurani anda pasti akan lebih benar dari jawaban saya…amin…

  8. Blog ini sangat bagus untuk membangkitkan semangat pemuda-pemuda Indonesia untuk masuk AKMIL. Keep writing Pak Nurhana. Motivasi dari anda sangat bagus untuk meningkatkan animo para pemuda yang semakin turun untuk jadi tentara.

  9. hmm….
    ptama kle bc cha smpt kget…
    cha pqir d mgelang tertutup rapat….
    apa lg dlm crt bpk itu pny pcr disetiap kota yg dikunjungi, hufh jd taqud cha sama keadaan calonny cha….
    tapi……
    cha ttp pcy ma dy jg bakal ttp setia tggin dy…

  10. Taruna akmil adalah impianku,
    Rasanya sulit skali bgku untk meraihny, umur sudah 20th, 2 kalì aku gagal di sidang pusat di lembang bndung…
    Pernah aku patah smangat, tapi kini keputusASaanku sirna stlah membc artikelny om tirta, kini aku punya semangt tuk melangkh kdepan..
    Om tirta doakan aku biar aku bs meneruskn karir om..

    Beri aku masukan ke email/ fs ku dì:
    taruna_tidar@yahoo.com

    Or 08562896776

  11. slmt pagi pak..
    pacar saya yg seorg taruna beda agama dgn saya..
    kami sdh pacaran 2 tahun sblm dia masuk akmil..
    msg2 dr kami sdh merasa “mentok”, tdk bisa pindah ke lain hati dan mencari orang lain mskipun kami tau hubungan kami ini sulit dipersatukan..
    saya sampai baca buku UU ttg perkawinan TNI, Polri dan PNS lho Pak..
    Dsana disebutkan, izin perkawinan akan diberikan jika tdk melanggar hukum di agama masing2..
    apa bnr?
    dan sepengetahuan saya..
    di agama saya(Nasrani), tidak dilarang dan di agama pacar saya(muslim) menikahi wanita non muslim (ahli kitab) pun diperbolehkan..
    tapi hukum di indonesia skrg kan tdk memperbolehkan shg hrs dilakukan di luar negri..

    Pertanyaan saya, apa ada harapan buat kami Pak?

    Selain itu,yang saya&pacar saya lakukan saat ini selain mencari informasi adalah BERDOA Pak… Krn hanya itu usaha yg bs kami lakukan saat ini..

    Trm ksh atas jwbannya.

  12. ass pak…
    waduh….
    biografi yg bpk tulis dr awal cerita/episode 1 sampai sampai sekarang sangat bagus dan mengharukan….
    mungkin kalo boleh dikata,karya yang bpk tulis dan bpk muat diweb ini setara dengan karyanya kang abibburahman.E ^ ^
    terusterang sy kagum dan bangga punya alumnus amn seperti bpk,yg mau berbagi cerita tentang kehidupan bpk mulai dr kecil(sebelum msk amn) sampai sekarang…..
    trimakasih byk pak telah memotifasi kami (panggemar blog bpk,khususnya saya) yang mungkin akan dihadapkan berbagai tes ->4 bulan lagi… do’akan saya pak!!!!
    mudah2an tips2 yg bpk berikan bs berguna bagi kami (terutama saya,dan mungkin teman2 yg lainnya)
    jarang2 lo pak alumnus amn seperti bpk…
    kalo boleh tau,alamat bpk dimana?mungkin kalo ada waktu dan diizinkan sama yang diatas insyaallah saya main ket4 bpk,sy ingin sekali bertemu langsung dg bpk,itupun kl bpk ada waktu..
    ditunggu pak episode berikutnya…

    • amsal, asswrwb…..maaf baru sempat balas sekarang…dan thanks alot for your attention and apretiation…

      Apakah anda juga alumnus AMN?…

      Kalau mau jumpa saya, silahkan tilpun di 0818104571. kapan saja, nanti kita janjian…

  13. bukan pak,,itu cita-cita saya pak pengen masuk amn/sekarang akmil.sy baru berumur jalan 19thn pak.sy berdomisili dibandung.
    trims pak sdh ngasih no hp bpk (tdk sembarang orang lo pny no hp pak tirta he..2x)
    nanti sy akan cari waktu yg tepat untuk bertemu dg bpk,dan sy akan contack dulu sblm ketemu,takutnya ntar sy ganggu aktivitas bpk.

  14. salam kenal pak…
    sya rencananya taon ini mau ngedaftar masuk akmil, dan persiapan2 berupa fisik dan kesehatan smntra saya jalani…
    sya mohon pencerahan dri bpak soal pengembangan karakter seorang taruna yang nntinya akan di godok lewat akademi..

    dan kalau boleh tips untuk bisa menjadi lulusan terbaik akmil (hahahaha obsesi nih pak)
    thx..

    • jen, asswrwb…

      trims atas semangat anda utk masuk Akmil dan ingin lulus yang terbaik…

      Pengembangan karakter adalah: “Do the best and God takes the rest…”…artinya anda harus selalu memlihara semangat untuk melakukan segala sesuatu dalam tugas anda sehari hari, baik sebagai hamba Allah maupun sebagai anggota keluarga dan anggota masyarakat dengan selalu mentaati seluruh Norma Kehidupan yang berlaku, yaitu: Norma Agama; Norma Hukum; Norma Adat; Norma Kesusilaan dan Norma Kesopanan……

  15. ass pak tirta semoga bpk dan kel diberi oleh yg maha esa kesehatan sehat sejahtera selalu biar bpk tetep bs berbagi ilmu dan pengalaman kpd saya khususnya dan kpd pengunjung seti blog bpk umumnya..

    *pertama –
    saya mo tanya,kpn episode 6 tentang suka duka di akademi militer nasional dirilis?
    sy dah ga sbr ne pak mo tau kisah selanjutnya!
    dan sy yakin bahwa mungkin bkn sy aja yg menunggu-nunggu cerita selanjutnya,bahkan teman-teman yg lainnya jg menanti pak!!!!
    kl ga percaya cb aja tanya pak (he…he…)

    *kedua
    sy mo tanya,katanya bpk ud tinggal/menetap tanggerang?tepatnya dmn pak?
    abg sy yg sy ceritain kebpk itu (letkol inf.amrizar)
    beliau jg tgl di tanggerang pak,beliau ud beli rumah disana tepatnya di komp.islamic center pak,yg sy tanyakan jarak antara rumah pak tirta dg alamat belia jauh ga?soalnya sy sering maen ke tanggerang tepatnya di rumah beliau pak,cm sy kurang faham atow tepatnya kurang tau daerah tanggerang pak maklum pak sy berdomisili di bdg.
    mohon penjelasannya…

    *yang terakhir
    do’ain sy ya pak lulus akmil (amin) taun sekarang dan dipermudah dlm setiap tes-tesnya..karna sy yakin do’a2 org mulia lebih cepat dikabulkan sama allah.

    wasalam

    “amsal”

  16. halo pak Nurhana,,
    saya mw nanya nih pak, kalo mw masuk kopassus apa testnya sama antara perwira dan prajurit tamtama atau bintara…???
    kalo sama apa saja jenis testnya pak??
    dan kalau beda apa sja perbedaannya…??
    dan brpa lama latihan/testnya..??

    thx..

  17. Aslmkm
    Knlkn om sy Agus dr Cirebon,,
    Om sy prnh dftr Akmil 1x tp sy gagal di Panda,curang om yg lulus ke Trapus cuma 1 org itu juga gagal jadi perwakilan dr crb tidak ada.
    Jatah Korem crb diambil semua sama Kodam krn pd wktu sidang Panda Danrem crb,apakah bnr Om posisi Danrem sangat penting pada waktu sidang Panda??
    oya om kiat” menghadapi tes psikotes gmn caranya,materi yg penting dalam psikotes itu apa aja om??
    Doakan sy om thn2009 ini sy akan dftr Akmil lg,semoga di tahun 2009 ini sy diterima di Akmil dan menjadi Taruna Amiinn…….
    Makasih sebelumnya,,
    Wlkmslm

  18. Aslmkm
    Knlkn Om sy Agus dr Cirebon,,
    Om sy prnh dftr Akmil 1x tp sy gagal di Panda,curang Om yg lulus ke Trapus cuma 1 org itu juga gagal jadi perwakilan dr crb tidak ada.
    Jatah Korem crb diambl semua sama Kodam III karena pada waktu sidang Panda Danrem Crb tidak datang,Korem Crb cuma diwakili Kasrem sama Kepala Ajenrem terus katanya pada waktu sidang Panda Kasrem sama Kepala Ajenrem tidak membela kami.
    Apakah benar posisi Darem sangat penting pada waktu sidang Panda??….
    Oya Om kiat” menghadapi tes psikotes gimana caranya biar dpt hasil L6,materi yg penting dalam psikotes itu apa aja Om?
    Doakan sy Om thn 2009 ini sy akan dftr Akmil lagi,semoga di tahun 2009 ini sy diterima di Akmil dan menjadi Taruna Amiinn……..
    Makasih sebelumnya,,
    Wlkmslm

    • agus, asswrwb….

      gagal itu adalah sukses yang tertunda….ulangi terus sampai berhasil…..jangan takut dicurangi…..orang curang itu dimana mana ada…masa kita kalah oleh orang curang ?….Percayalah Tuhan itu tidak pernah tidur dan tak pernah mengantuk, Dia tahu segala yang terjadi didepan dan dibelakang….tinggal bagaimana anda mendekat kepada Tuhan agar selalu dilindungi…saya yakin anda agak cuek sama Tuhan selama ini…makanya Tuhan kasih kamu peringatan….

  19. Aslkm
    Terima kasih om atas saran dan dukungannya,mulai sekarang pasti Agus akan lebih mendekatkan diri lagi kepada ALLAH SWT.
    Sekarang Agus akan berusaha semaksimal mungkin,tidak lupa juga dibarengi dengan berikthiar dan berdoa.
    Minta doanya saja om biar tahun 2009 ini Agus berhasil masuk Taruna,Amiin……
    Makasih sebelumnya,wlkmslm.

  20. Ijin…

    Ass.Wr.Wb

    Pak, aku mo tanya tentang tes psiko lapangan. soalnya aku gugur seleksi pusat TA 2009 di Lembang. aku heran, knp aku bisa jatuh pada seleksi di psiko lapangan. padahal aku tidak merasakan kesalahan. Emang tes psiko lapangan itu dinilai dari aspek apanya pak??

    Mohon bantuannya…

  21. Assalamualaikum wr wb

    bapak tirtaaa… episode 6 nya mana ? dicariin ga ketemu ketemuu. saya kagum banget sm bapak, tadinya pandangan saya tentang tentara itu negatif pak, sampai-sampai saya ngga mau punya calon suami yg terlibat dlm militer militeran. soalnya kerjaannya resikonya tinggi, terus saya ditinggal-tinggal nanti… tapi ternyata pacar saya mau masuk akmil. tadinya sedih pak, tapi pas baca tulisan bapak saya jadi bisa maklum kenapa dia sebegitunya pengen masuk akmil. tapi tetep aja pak, karena keluarga saya nggak ada yg berkecimpung di dunia militer, saya buta banget. saya sudah dukung dia buat berada di bidang militer tapi saya juga takut pak gara gara omongan temen saya.. katanya taruna akmil itu suka nggak setia, abisnya long distance sih..
    karena itu pak, bagi-bagi cerita bapak lagi dong terutama gimana ‘proses’nya bisa ketemu sama ibu hanny.. kalo bapak ngga keberatan yaa…

    makasih ya pak, salut buat tulisan-tulisannya

  22. Assalamu alaikum pak,
    Saya catar akmil 2011, Wirabuana.

    saya sangat tertarik dengan cerita bapak. Dan motivasi2 yang bpak brikan.. Saya sudah cari2 kelanjutan cerita ini tapi saya tdk mnemukannya,apakah episode slanjutnya sudah diposting atau blum ya pak? Kalau udah, tlong dikasi link nya..
    Trimakasih;)

    • robert, asswrwb, trims atas apresiasinya….edisi 6 memang belum ditulis, loncat ke edisi 7, sudah saya tulis dan posting lama sekali…NANTI KALAU SUDAH ADA WAKTU TERLUANG, SAYA TULISKAN LANJUTAN EPISODENYA…

  23. Hormat pak… Artikelnya keren banget, “mantap paskali” kata orang ambon…
    jadi penasaran neh dengan kelanjutan ceritanya… ada gak pak.??

  24. Wah… jadi ingat almarhum mbah saya dulu :’)

    Beliau juga anggota, tapi bukan dari AMN… wong pensiun sekitar tahun enempuluhan (saya nggak begitu apal tahun pastinya) “hanya” menyandang Letnan II di depan namanya… Yg saya ingat bahwa beliau pernah ikut SKI di Malang… sampai sekarang saya masih mencari notes mbah saya yang ada perhitungan melontarkan mortir :D

    lanjutkan Pak ceritanya… selanjutnya bisa post pengalaman dinas yang berkesan mungkin ^_^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s