Oleh: tirtaamijaya | Juli 21, 2008

MAKNA SURAT AL FATIHAH

Pembaca blog yang budiman, surat Al Fatihah dikenal sebagai intisari Al Qur’an , karena itu pada saat melaksanakan sholat, surat Al Fatihah harus dibacakan dalam setiap rakaat…

Dalam pengalaman saya sebagai penyembuh spiritual selama  sekitar 30 tahun, ternyata semua pasien saya yang terserang berbagai penyakit, baik itu medis maupun non medis, semuanya tidak tahu arti dan makna dari Al Fatihah …

Hampir semuanya hanya hapal bahasa arabnya tapi tidak tahu artinya…

Memang sebagian kecil ada yang tahu artinya, tapi hanya sebagian kecil dari ayat nya saja….

Dari pengalaman ini, saya berkesimpulan bahwa kalau mau hidup selamat, terbebas dari berbagai penyakit dan masalah, setiap orang yang mengaku beragama Islam, mutlak harus memahami dengan baik dan benar makna dari Surat Al Fatihah…

Karena itu saya tayangkan cuplikan Tadabbur Al Fatihah dari weblog Tadabbur Qur.an milik Ustadz Fadhilza untuk memahami  makna Surat Al Fatihah secara baik dan benar…

( Pak Fadhilza,… saya minta izin ya, menyebar luaskan Tadabbur Al Fatihah milik bapak…)

INILAH ARTI/MAKNA DARI SURAT AL FATIHAH:

Ayat 1: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

Rasakan betapa besar kasih sayang Allah kepada kita semua, bayangkan semua nikmat yang telah kita terima dariNya. Nikmat udara yang kita hirup, nikmat penglihatan, nikmat pendengaran, nikmat sehat. Apakah kita sudah berterima kasih padaNya??. Rasakan kasih sayang dan sifatnya yang maha pengasih serta pemurah. Rasakan getaran dihati anda, hingga timbul dorongan untuk menangis. Silahkan menangis jika dorongan itu memang kuat. Jangan tahan tangisan anda.

 

Ayat 2: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”

Rasakan betapa mulianya Allah, betapa Agungnya Dia , hanya Dialah yang berhak dipuji. Dialah Tuhan penguasa Alam semesta yang maha mulia dan Maha terpuji. Rasakan betapa hina dan tidak berartinya kita dihadapan Dia. Lenyapkan semua kesombongan diri dihadapaNya. Rasakan getaran yang dahsyat didada anda…

 

Ayat 3: “Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Rasakan seperti pada ayat pertama

Ayat 4: “Yang menguasai hari pembalasan” 

Bayangkan seolah olah anda berada dihapan Allah di padang Mahsyar kelak. Dia lah penguasa tunggal dihari itu. Bagaimana keadaan anda dihari itu? Rasakan dan hayati ayat tadabbur yang anda dengar. Biarkan airmata anda mengalir . Menangislah dihadapan Allah pada hari ini , disaat pintu taubat masih terbuka. Jangan sampai anda menangis kelak dihari berbangkit ketika pintu taubat telah tertutup

Ayat 5: “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”

Inilah pengakuan anda bahwa hanya Dia yang anda sembah, dan hanya padaNya anda mohon pertolongan. Buatlah pengakuan dengan tulus dan iklas.

Ayat 6: “Tunjukilah kami jalan yang lurus”

Mohonlah padanya agar ditunjuki jalan yang lurus. Jalan yang penuh dengan rahmat dan berkahNya. Dengarkan dan hayati kalimat tadabbur yang anda dengar

 

Ayat 7: “(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

Bayangkan jalan orang orang yang telah mendapat nikmat , kebahagian dan kesuksesan sebagai karunia dari sisinya. Berharaplah untuk mendapat kebahagian seperti orang itu.

Bayangkan pula jalan orang orang yang mendapat murka dan azabnya

Bayangkan pula jalan yang ditempuh orang yang sesat mohon agar dijauhkan dari jalan itu.

 

Jika anda orang yang berhati peka pasti anda akan menangis, mendengar bacaan tadabbur ini. Jika anda belum merasakan getaran apapun dihati anda. Ulangi terus tadabbur ini. Gunung saja akan hancur mendengar ayat Qur’an , hati anda tidak sebesar gunung bukan? Mudah mudahan Allah tidak mengunci mati hati anda ..

About these ads

Responses

  1. subhannallh………….
    dahsyat……….
    Allahu Akbar………

    namun sekarang ini banyak tayangan di TV yang tidak mendidik bahkan menghancurkan generasi muda bangsa…

    mari kita satukan kekuatan untuk menghentikan kemungkaran. salahsatunya mengingatkan teman dan saudara2 tentang bahaya tv dan agar mereka selalu mengingat Tuhannya. ALlah SWT

    • iya, q stuju dengan itu

      • allahhuakbar!!!

  2. andi, asswrwb…

    trims atas apresiasinya…

    • segala puji bagi Allah yg telah menciptakan sesosok pelita yg menerangi gerlapnya malam
      dan pelita itu adlah Anda

    • makna ayat kedua dalam surat al fatihah yaitu ALHAMDULILLAHI RABBIL A’LAMIN adalah:
      ALIF adalah berdirinya tubuh kita
      LAM adalah takbiratul ihram
      HA adalah rukuk
      MIM adalah sujud
      DAL adalah duduk
      jadi sholat tercipta dari huruf tersebut, yang artinya memuji kepada allah.

  3. Ass wr wb
    Trimakasih pak Nur telah menyebar luaskan tadabbur al Fatihah ini. Temuan pak Nur tentang pemahaman al Fatihah juga banyak saya temui. Banyak saya temui orang yang sudah sholat puluhan tahun namun tidak mengerti al Fatihah dan sebagian besar bacaan yang diucapkan dalam sholatnya. Akibatnya dalam sholat fikirannya ngelantur kemana mana.

    Rasanya ini adalah problem utama umat Islam, sholat tapi nggak ngerti apa yang dibaca. Padahal Allah Menegur dalam surat An Nisa ayat 43 ” Janganlah kamu hampiri sholat sedang kamu dalam keadaan mabuk, hingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…”. Orang yang nggak ngerti bacaan sholatnya diumpamakan Seperti orang yang mabuk itu….Bagi yang belum ngerti bacaan sholatnya saya anjurkan belajarlah. Tidak pernah ada istilah terlambat untuk belajar. Kuatir kena tegoran Allah seperti surat An Nisa ayat 43 itu.

  4. ustadz Fadhilza.ZA, asswrwb…

    Saya yang terima kasih atas keikhlasan bapak mengizinkan saya menayangkan Tadabbur Al Fatihah dari blog bapak…

    Baiklah, kita saling mendukung menyebar luaskan kebaikan kepada teman teman pembaca blog kita…

    Semoga Allah SWT mengizinkan niat baik kita semua…amin…

    • alhamdulillah artikel yg sangat bermanfaat bagi ummat muslim di seluruh dinia..

      klo boleh di tambahi bacaan sholat dng arti da maknx sy mohon bantuanx.

      • busmar, asswrwb, trims atas apresiasi anda…akan saya buatkan nanti….

    • alhamdulillah semoga hamba allah yang lain bisa turut membagi ilmu dijalan allah dan yakin bahwa sesungguhnya allah membalas berlipat ganda

  5. assalamu’alaikum,,,

    WAAAAAAAA
    udah lama nie gak kasi komen ke blognya om,,
    apa kabar om??? sehat???keluarga gimana??

    semoga sehat wa’alfiat juga,,
    kalau saya baca artikel ini,,
    saya jadi ingat materi semasa saya training ESQ dulu,,

    kalo gak salah pada materi learning principle,,,
    disitu saya baru paham,,,mengapa ALLAH memerintahkan untuk membaca 7 ayat berulang-ulang,,,

    wah,,, jadi rindu suasana training nih,,,

    salam 165

  6. Subhannallah artikel yang sangat bermanfaat bagi saya.

    Usul aja Pak, kalau bisa disertakan bahasa arabnya atau latinnya sehingga yang membaca ikut merasakan makna dari tulisan itu, sehingga setelah mekera membaca arabnya, langsung kepada artinya kemudian kepada maknanya. Jadi antara yang lahir (bacaan) dan yang bathin (arti dan maknanya) langsung teresapi pak.

    Syukron kiriman artikelnya. Tetap semangat berdakwah melalui blog Pak.

  7. pak kenapa komentar saya koq gak dapat masuk di blog bapak?tx

  8. assalamualikum wr wb

    Subhanallah
    Allahuakbar….
    sungguh luar biasa makna dr srt Al-Fatihah.

    Tp sayang, meskipun saya hafal dgn arti srt tsb, kdng saya slalu lalai utk meresapi isi kandungan srt tsb.
    Setelah membaca artikel bp ini, saya teringatkan kmbli akan dahsyatnya srt Al-Fatihah.
    Semoga apa yg bp lakukan ini membawa kebaikan bgi sluruh umat manusia.
    Amin…..

    • subhanallah anity sudah cantik ber iman lagi masa allah sempurnanya hidupmu aninity semoga kamu mendapatkan jodoh yg soleh

  9. annity, asswrwb…
    trims atas kunjungan dan komentar nya….amien!

  10. Asslm. wr.wb
    Subhanalloh.!
    Benar-benar Rahmat yang luar biasa buatku dengan menemukannya blog ini. Aku benar-benar merasakan manfaatnya sebagai tuntunan. Trimakasih pak Nurhana,! karena anda telah menjadi lantaran atas turunnya Rahmat Alloh kepadaku. Wassalam wr.wb

    • Khalid, asswrwb…
      trims atas kunjungan dan apresiasi anda….semoga penilaian anda benar adanya…

  11. ALLAHUAKBAR…

  12. Alhamdulillah…… ketika shalat kita baca al fatihah tapi saya kd tau artinya sama sekali…. smoga bisa menambah iman kepada Allah S.W.T . Aminnnnn

  13. terima kasih pak atas tulisannya, jujur saya baru tahu akan hal ini.

  14. Sebaiknya jika men-syarh surah dengan pemahaman tafsir. Sehingga tidak ada percampuran pemikiran awwam.
    Allohu’alam

  15. saya ingin gabung gm,karna saya tertarik mohon beri arahan.terimakasih

    • m. hambali…asswrwb…..trims utk apresiasinya….
      Kalu mau belajar ttg makna surat dan ayat Al Quran secara mendalam, bisa baca klik blog “Tadabbur Quran” milik ustadz Fadhil ZA…
      Kalu blog saya lebih banyak berisi pengalaman sendiri dalam memaknai berbagai surat dan ayat suci serta implementasinya dalam kehidupan sehari hari…
      Banyak orang hapal quran, tapi tak bisa memanfaatkannya bagi problem solving kehidupan nyata, seperti seekor burung beo yang pandai bicara tapi tak tahu arti, makna dan pemanfaatan apa yang diucapkan …blog saya membantu mereka yang ingin belajar memecahkan problem kehidupannya secara nyata dengan berbasis ilmu al quran….silahkan rajin baca, semua adalah pengalaman nyata, true story…

  16. subhanallah…….
    saya sangat terharu ketika membaca surah alfatihah beserta makna nya di atas,,,
    semoga allah merahmati kita semua
    Amin…

  17. awal yg sangat berarti, trima kasih tulus dari saya…..bermanfaat sekali…smoga saya bisa trus blajar untuk memahami surat2 Al Quran, skali lagi terima kasih.

  18. Allah…God is Amazing !!

  19. assalamualaikum wr. wb..

    jujur saya sangat sulit mengakui kenikmatan yg tuhan berikan pada saya…
    saya hampir menangis ketika membaca ayat pertama, bukan karena kasih sayang yg diberikannya tetapi derita yang diberinya…

    ketika melihat pelacur yang melacur, pengemis yang jari-jarinya habis karena kusta, bukankah hidup ini sesuatu yang menyedihkan dan mengerikan.saya yakin mereka pernah meminta tolong kepada allah SWT, tetapi mengapa tuhan tidak menolongnya?
    apakah arti “Maha Pengasih”?

    apabila ada kalimat yang salah saya ucapkan maaf kepada bapak dan memohon ampun kepada ALLah SWT

    • astagfirullah, sering sering baca artikel spiritual diblog ini, insya Allah suatu saat Tuhan membukakan hati anda….saya yakin, suatau saat anda akan mendapat pencerahan dari Allah…amin…

    • Assalamualaikum wr wb
      Dulu saya pernah merasakan hal yang sama dengan yang saudara rasakan…setelah saya coba mendalami lebih jauh dan memohon penjelasan padaNYA saya menemukan beberapa jawaban.

      Insya Allah, sebuah penderitaan adalah wujud awal dari kenikmatan.
      Dalam kondisi wajar kadang kita lupa untuk mensyukuri sebuah kenikmatan yang diberikan Allah SWT, terlebih hal tersebut kita jalani dalam keseharian seperti memakai baju (kita diberikan kemampuan utk dapat membelinya dgn mudah) dll.
      Orang yg diberikan penderitaan akan mengalami rasa yang jauuuuhhh lebih nikmat saat mendapatkan sesuatu dibanding orang yg tidak merasakan penderitaan tsb.

      Menurut saya hal penting saat kita melihat penderitaan org lain adalah dgn berfikir :
      bahwa hal tsb merupakan “cobaan bagi kita”
      apakah kita akan memandang Allah SWT berlaku tidak adil terhadap org tersebut?…pertanyaan2 nakal seperti itu kerap hadir disisi hitam hati kita yg begitu mudah diselipi oleh bisikan syaitan…
      Ataukah kita memandangnya sebagai cobaan bagi kita dalam menjalankan perintahNYA, bukankah kita diperintahkan untuk menolong org yg sedang kesusahan….bukankah di harta kita ada sebagian hak mereka…..tentu ada maksud Allah mempertunjukan penderitaan org tsb pd kita….mengapa kita dijadikannya subjek pertunjukan itu?
      Mungkin DIA menyuruh kita untuk membantu org2 yg dalam penderitaan tsb dgn harta kita, atau mungkin agar kita membantu memperjuangkannya melalui org lain, pemerintah atau melalui wakil2 kita yg skrg ada di dpr…atau minimal kita mendoakan mereka agar mendapatkan kehidupan yg lebih baik.

      “pertanyaan anda tentang Maha Pengasih?”itu bukanlah pertanyaan dari hati yg buta atau beku….itu hanya sebuah pertanyaan nakal dari sisi hitam hati anda yg juga merupakan AnugerahNYA…justru pada akhirnya sisi hitam itu yg akan memperkuat sebuah jawaban yg mutlak & penuh keyakinan…..seperti sebuah lampu yang dapat menyala krn mendapat aliran arus negatif, bukan hanya arus listrik positif…..hanya terkadang kita mendapat bisikan syaitan sehingga semakin jauh dari jawaban, arus positif selalu kita tutup kehadirannya sehingga sang lampu tidak pernah bisa menyala….
      Insya Allah kalau anda bersungguh2 mencari jawabannya anda akan dapat lebih dekat denganNYA dan me”rasa”kanNYA karena anda sudah masuk untuk mempelajari Sifat WajibNYA….dan satu-persatu akan terhubung dengan Sifat2 Wajib Allah Lainnya….Insya Allah

      Maafkan kalau ada tulisan saya yang salah dan tidak berkenan

      Wassalamualaikum wrwb

  20. amin

  21. -= Al-Qur’an adalah tuntunan hidup=-
    Maha Besar Allah segala kebaikan milik-Nya

    Ayat 1: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.
    (Segala kehidupan berawal semata-mata dari kemurahan dan kasih sayang Allah kepada hamba-Nya, JIka kita awali segala kegiatan kita selalu ingat dengan kita awali sifat kemurahan hati kita dan kasih sayang kita kepada Allah dan sesama manusia Niscaya akan terhindar dari malapetaka kebencian)

    Ayat 2: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”
    (Segala puji hanya untuk Allah pencipta alam, dan manusia tak ada hak untuk merasa berkuasa di Alam ini, manusia sama kedudukannya dengan manusia lain tidak ada yg bisa disombongkan& dipamerkan berebut alam yg harusnya kita sadari dan malu, karena semua hanya milik Allah semata)

    Ayat 3: “Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”
    (Hanya dengan kemurahan dan sifat penyayang-Nya kita telah diciptakan, kita wajib untuk memberikan kemurahan hati dan kasih sayang pa Allah dan segala ciptaan-Nya karena Allah Maha pemurah dan penyayang pada apa yg diciptakan-Nya)

    Ayat 4: “Yang menguasai hari pembalasan”
    (Allah telah mencontohkan Kemurahan dan Penyayang kepada apa yg diciptakan-Nya termasuk semua umat manusia baik yg batil maupun yg bertaqwa, dan hanya Allah yg nanti akan membalas segala apa yg Allah contohkan baik yg tak melaksanakan ataupun yg melaksanakan apa yg dicontohkan-Nya)

    Ayat 5: “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”
    (Jika kita telah tau apa yg harus kita perbuat di alam ini, hanya Allah sumber dari segala sumber, baik apa yg harus kita lakukan atau kita hindari, karena hanya Allah yg menciptakan dan memiliki Alam ini..maka hanya Allah yg patut kita turut dan sembah dan hanya kepada Allah kita mohon pertolongan)

    Ayat 6: “Tunjukilah kami jalan yang lurus”
    (manusia memiliki keterbatasan dalam meniti hidup, khilaf sering terjadi..mohon kepada-Nya agar terjauh dari khilaf..segala perbuatan baik untuk jalani hidup dialam ini hanya atas kendali Allah, bukan keputusan pribadi)

    Ayat 7: “(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.
    (Jalan yg baik akan berbuah nikmat dan jalan yg buruk pasti mendapat murka)

    Menjalani hidup dengan kemurahan hati dan kasih sayang kepada siapapun dan apapun itulah jalan yg ditunjuki oleh Allah SWT..karena dengan Maha Pemurah dan Maha Penyayang-Nya Allah menciptakan Alam Semesta beserta isinya..dan Alam serta isinya wajib saling bermurah dan berkasih sayang karena Allah telah mencontohkan-Nya..membalas dan memurkai ciptaan Allah..baik apa dan siapa hanya Allah yg menguasai hari pembalasan dan bukanlah manusia yg berhak menguasai pembalasan..karena manusia hanyalah sebatas Ciptaan Allah SWT..

  22. trimakasih telah berbagi ilmu….

  23. pantaslah kalo disebut sebagai ummul kitab…..
    saya yakin kalo semua orang dalam sholatnya membaca al fatihah dgn benar menjadi benar pulalah sholatnya…..sehingga tidak ada lagi di dunia ini kemungkaran dan kekejian….karena sesungguhnya sholat itu mencegah perbutan keji dan mungkar….ayo kita introspeksi….membenahi fatihah dan sholat kita……..thanks for Mr Nurhana

  24. assalamualaikum wr. wb.

    menurut informasi yang saya dapat, ada tujuh sampai sembilan huruf yang hilang dari surat al-fatihah, apakah informasi ini benar? apabila benar apakah Bapak tahu huruf-huruf yang hilang?

    trus kenapa ayat terpenting dari surat al-fatihah adalah ayat pertama?

    terima kasih sebelumnya Pak….

  25. assalamu’alaikum wr. wb.
    Perkenankanlah kiranya kami sedikit menambahi tentang keutamaan dan rahasia surat Al-Fatihah

    Selain kitab yang empat ( Taurat, zabur, injil dan alqur’an ) Allah juga telah menurunkan 100 suhuf, yang mana penjelasannya sebagai berikut:
    60 suhuf untuk Nabi Syis AS
    30 Suhuf untuk Nabi Ibrahim AS
    10 Suhuf ( 10 perintah Tuhan ) untuk Nabi Musa AS

    100 suhuf tersebut dan 3 kitab ( zabur, taurat dan injil ) seluruh isinya terangkum di dalam kitab Al-qur’an, inti Al-qur’an adalah surat yaasin inti surat yasin ada di dalam Al-ftaihah, yang jumlahnya ayatnya 7 ayat, sesuai dengan putaran masa 7 hari , 7 putaran dalam thowaf, 7 lapis bumi 7 lapis langit 7 neraka 7 surga. 7 tahapan dalam penciptaan manusia dan lain sebagainya.

    Dan Allah pun menurunkan surat Al-fatihah sebanyak 2 kali ( di makkah dan madinah) yang mengisyaratkan Bahwa Allah menciptakan serba berpasangan, Siang dan Malam, Bumi dan Langit, Laki laki dan permpuan dst..masih teramat banyak lagi keutamaan Surat Al-fatihah yang belum kami sebutkan.
    Mudah mudahan meskipun sedikit penambahan dari kami namun dapat membuat kyakinan serta keimanan kita bertambah kuat.
    Trimakasih
    Wassalam..
    ” aji “

    • walaikumsalam wr.wb…
      mahasuci allah swt yg menurunkan al-quran sebagai petuntuk

    • assalamualikum wr.wb.

      kalau boleh saya juga minta makna syahadat. karena saya selama ini berkalikali bersyahadat tanpa mengetahui maknanya..

      terimakasih sebelumnya Pak Aji..
      wassalam

      • kemal, asswrwb….saya salut atas kepolosanmu dan kemauan untuk belajar, tidak malu utk bertanya…saya bukan ustadz, tapi kalau syahadat kira kira saya tahulah artinya:” Aku bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhamad adalah utusan Allah”….merupakan Rukun Islam yang pertama…setiap orang yang masuk Islam harus mengcap kalimat Syahadat.
        Dalam pewayangan yang dibuat oleh Sunan Kalijaga, kalimah Syahadat di samarkan menjadi Ajian Kalimusada, sebuah ajian pamungkas dikisah pewayangan.
        Orang yang mau meninggal agar bisa masuk surga, walau banyak dosanya, saat mau meninggal harus mengucapkan kalaimah Syahadat.

    • aji, asswrwb…trims utk sharingnya…

    • Assalamu’alaikum wrwb,

      Syukron atas pencerahannya ya ustadz…Saya mohon izin copas dari ustd.Fadhil.ZA, Tirtaamijaya & Mas Aji untuk di share dgn teman2 kami di FB yang kami yakin banyak yang belum mengetahui fadhilah surat al-Fatihah dan alasan mengapa ianya wajib di baca dalam setiap shalat kita.

      Terima kasih.
      Wassalam,

      • moriz al faqir, asswrwb, silahkan…

  26. Alhamdullilah..sy jd lbh paham skrg..setiap makna ayat yg trkandung sungguh menggetarkan dan lebi tergiat untuk beribadah padamu yaAllah..AllahuAkbar.. thanks

    • ian, asswrwb…..trims.

  27. assalamualikum wr.wb…

    bgini Pak Nurhana; selama ini saya tidak ikhlas berkata” Aku bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhamad adalah utusan Allah”

    bagaimana mungkin saya mengatakan “aku bersaksi sedangkan aku tidak pernah menyaksikan?”

    jika demikian bukankah saya seorang pembohong…

    mohon dimaafkan kalau pertanyaannya aneh Pak

    wassalam..
    kemal

  28. assalamualikum wr.wb…

    bgini Pak Nurhana; selama ini saya tidak ikhlas berkata” Aku bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhamad adalah utusan Allah”

    bagaimana mungkin saya mengatakan “aku bersaksi sedangkan aku tidak pernah menyaksikan?”

    jika demikian bukankah saya seorang pembohong…

    mohon dimaafkan kalau pertanyaannya aneh Pak

    wassalam..
    kemal

    • SALAM PAK, BEGININYA PAK, SEMASA ALAM ROHNYA SEMUA KITA BERIKRAR KPD ALLAH YANG SEMUANYA BENAR, YAA SKRG SEMUANYA BENAR SIAPA YG MENCIPTA MANUSIA, YG MENCIPTA KITA YG SEELOK KEJADIAN, HAIWAN, A’LAMIN, ADA YG NAMPAK(KASARNYA-JISIM) DAN HALUS(TIADA JISIM SPT ANGIN, ORG2 HALUS, DSBGNYA) KAN SKRGNYA ITU BENAR PAK, SEBAGI CONTOH ADAKAH ORG NON-MUSLIM MENYEMBAH PATUNG ITU ..ADAKAH PATUNG ITU MENCIPTAKAN MEREKA..TAPI SEBENARNYA MEREKA YG DUSTA ITU MENCIPTAKAN PATUNG ITU…KENAPA HATI KITA BERBELAH PAK, KENAPA HATI KITA GOYAH PAK, INI MELAINKAN KERJA SYAITON YG LAKNAT ITU DAN INI KERANA ILMU KITA PERLU DIDALAMI LAGI PAK.. WALLAHHUALAM BISAWAK

  29. teruskan pak!

    memang butuh penghayatan lebih

    mas Kemal
    pasti pernah jatuh cinta, apa pernah sampean menyaksikan keindahannya dg mata kepala?
    darimana datangnya puisi ttg isi hati penuh bintang gemintang itu?

    pernah patah hati?
    nyatanya; cukup dg patah hati, kita tanpa dipistol dg peluru..
    dada luluh lantak bukan main, dada layaknyya hancur spt barus habis perang dunia kelima, hehehe

    salam kenal bung Kemal

  30. assalamu’alaikum wr.wb
    ustad saya ingin menanyakan arti al fatifah, semoga bapak berkenang menjawabnya

    • nasrsuddi,asswrwb….Al Faatihah arti harafiahnya “Pembukaan”…karena Al Quran dibuka dengan Surat Al Fatihah….
      Maaf ya saya jauh dari ustadz….saya pensiunan ABRI/TNI yang belajar agama cari sendiri….sama seperti anda juga…..

  31. Alhamdulillah…
    Akhirnya aku tau makna surat Al Fatikhah…
    Terima Kasih ^_^v
    Salam Kenal Pak Tirta…
    Aku masih kelas 9 SMP.
    MINAL AIDZIN WAL FAIZIN

  32. bener banget om.. setuju bgt tentang al fatihah :)

  33. tambah lg,,

    saya baca juga tulisan bapak tentang gelombang posistif negatif,, bener seperti yg saya pikir dan pelajari.. pikiran bawah sadar..

    dan itu bisa d latih dengan solat pak :D

    dan masalah al fatihah saya juga setuju bgt :D

    alhamdulillah nemu blog ini :P

    salam kenal pak.. ^^

  34. kok sepi ? :(

  35. subhanAllah, semoga anda diberi keselamatan dunia dan akhirat…

  36. alhamdullilah sya keluar air mata setelah
    baca suratnya. Pak makasih Pak

    Wassalam
    anak kolong

  37. maha benar Allah dgn segala firmannya..amin

  38. Assalamualaikum.
    Sejak siang tadi saya baca2 sebagian besar artikel bapak Nurhana. Sungguh mencerahkan. Terima kasih banyak, Pak.

  39. Batapa alpa dan lalainya kita dalam memahami makna surah al-fatihah…kalau lirik lagu yang kita minati tak perlu nak paksa-paksa cepat je kita dapat hafal dengan penuh perasaan.

  40. alhamdulilah…hari gini masih ada aja yang mau pencerahan al fatiha (arti ,makna) nya semoga allah melindungi kita semua. amien dan berharap tidak jadi ajang debat fatiha….bukan begitu pak ustad? semoga allah melindungi kita semua AMIEN ya rab!

  41. jujur aja aku sering baca surat Al Fatekah,tapi memang ga ngerti artinya..stelah baca tafsirnya di atas..sungguh Allah maha besar..

  42. sukron ustad,

    alhamdulillah ane jg bru sadar, doaiin ya biar ane bisa belajar lagi ini surat sungguh luar biasa, Alloh Akbar !!!

    • Pengalaman kmrn ane ngobrol sama sopir dalm perjalanan pulng, yg ustd paparkn hampir sama makanya ane skrg hrs secepatnya menyadari hidup cuma sebentar..

  43. assalamualaikum,,
    alhamdulillah bbrp waktu belakangan ini saya tergerak hati utk membaca arti alquran, krn slama ini klo kita hanya membaca arabnya saja kita kan ngga tau arti di balik itu.. namun ustad apakah berdosa klo saya juga membaca alkitab? saya hanya penasaran n ingin tau bagaimana siy isinya, tidak ada maksud utk menduakan Allah. saya sudah membeli alkitab tsb, baru membaca bbrp halaman, ceritanya sungguh membosankan dan bertele2, spt cerita yg dibuat oleh manusia, sgt berbeda dgn isi alquran yg begitu tegas.. nah klo memang isi injil ada yg sama dgn alquran kira2 di bagian mananya ya, apa sama persis ato hanya inti/tersiratnya ato hanya kejadian2 yg pernah ada spt perangnya dsb? awal yg membuat saya penasaran krn membaca buku the choice karya ahmad deedad yg sangat memukau.. namun saya sedih dgn banyaknya hinaan2 org nasrani thd beliau.. mohon tanggapannya ya ustad mengenai membaca alkitab itu gmn, trims..

    • ipeh, asswrwb….maaf saya bukan ustadz, saya sama seperti anda, belajar agama sambil praktek dilapangan, lebih banyak tahu prakteknya daripada teorinya…
      Setahu saya sebagai umat Islam kita wajib beriman kepada Kitab Suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulnya, termasuk Kitab kitab lain diluarQuran…jangan yang buatan manusia…pelajari asal usul kitab tsb…Maaf Quran saja ada yang palsu…

  44. Ass
    trimakasih sy tlah membaca makna Al fatihah.
    Wass

  45. Bukan kata-kata yang membuat orang dibenarkan di hadapan Allah,tapi hidup sebagai keseluruhan: hati,fikiran,perasaan,perbuatan, tentang segala sesuatu dalam hidup dan kehidupan,apakah tetah kita gunakan untuk memuliakan Allah ? Apakah hidup kita penuh rasa iri,dengki,benci,arogan,sombong,rakus,tamak,kejam.dsb, ataukah kasih,pertolongan,ketulusan,kelemahlembutan,penguatan,pengorbanan,..? Kiranya tidak pada tempatnya manusia mengaku yang paling benar di hadapan Allah, sebab hal itu Allah sendiri yang menentukannya.Bukankah kebenaran hanya ada pada Allah? Bukankah Surga itu milik Allah,dan disediakan bagi orang-orang menurut hukum-Nya,dan bukan menurut fikiran dan keinginan manusia? Kiranya damai dan sejahtera bersama seluruh umat manusia dalam memulikan Allah lebih berkenan di hadapan-Nya,bukan saling menyerang,membenci,memfitnah,melemahkan,atau bahkan saling membunuh,karena itu jauh dari sifat Allah.

  46. Alhmdulillah Dapat Pencerahan Hati Setelah Membaca Makna Al-Fateha…diatas

    Salam,

    Aben

  47. subahanallah …

    maha suci Allah yang menguasai seluruhnya ……..

    Q hanya hambamu ya Lemah ya Allah ….

  48. Assalamualaikum…..

    Salut dan hormat….pencapaian duniawi dan spritual Bapak luar biasa……..Semoga Bapak diberi umur panjang oleh Allah SWT untuk dapat selalu memberi pencerahan kepada generasi muda……….Amin ya Rabb

  49. Subhanallah…
    terimakasih Pak Nurhana yg telah memuat Makna Surah Alfatihah ini….di blog Bapak, dg begitu saya semakin teringatkan…..

    Kpd Bapak Ustd FadhilZa…saya mohon men-share juga ke dlm blog kecil saya….terimakasih sebelumnya….

    Smoga Allah SWT melimpahkan keberkahan-Nya kepada Kedua Bapak ini atas keihklasannya memberikan pencerahan kpd sesama….Amin

  50. subhanallah,….. saya langsung menangis pertama kali membaca makna di ayat pertama, berderai ketika makna ayat selanjutnya… alhamdulillah bertambah keimanan, ketaqwaan dan kepasrahan saya terhadap apa yang di miliki Nya…

    Subhanallah..
    hanya Engkaulah Allah yang wajib di sembah…

  51. subhanallah………..
    saya juga minta ijin untuk menyebarkan makna surat alfatehah

  52. Diambil dari Naqshbandi Book of
    Devotion (www.Naqshbandi.
    net)
    Bismillahir rahmaanir rahiim
    Allahumma shalli ‘alaa
    Muhammadin wa ‘alaa aali
    Muhammadin wa sallim
    Surat al-Faatihah
    Grandsyaikh Abdullah Fa’iz ad-
    Daghesani berkata, “Bila
    seseorang membaca al-Faatihah,
    dia tidak akan meninggalkan
    dunia ini tanpa memperoleh
    Kenikmatan Ilahiah yang
    tersembunyi di balik arti surat
    al-Faatihah yang membuatnya
    bisa mencapai keadaan pasrah
    kepada Allah . Berkah yang Allah
    berikan bersama surat al-
    Faatihah sejak diturunkan
    kepada Nabi Muhammad tidak
    akan berhenti, dan akan
    berlangsung selamanya, dengan
    orang yang membaca surat al-
    Faatihah. Hanya Allah dan
    Rasulullah yang mengetahui
    banyaknya berkah yang
    terdapat dalam surat al-
    Faatihah. Siapa pun yang
    membaca surat ini dengan niat
    untuk mendapatkan tajjali-nya,
    dia akan mendapat stasiun yang
    tinggi dan peringkat yang baik.
    Sedangkan bagi yang
    membacanya tanpa niat seperti
    itu, dia hanya mendapat
    Kenikmatan Ilahiah yang umum.
    Surat ini memiliki maqamat
    (stasiun) yang tidak terhitung
    dan tidak terbatas dalam
    pandangan Allah , Yang Maha
    Perkasa dan Mahaagung.

  53. terima kasih pak atas pencerahannya

  54. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Blog Bapak bagus… kebetulan orang terdekat sy mempunyai masalah berkaitan dengan hal2 diblog bapak.. mudah2an suatu saat semuanya berubah kearah perbaikan…
    semoga Amal Jariyah dari menulis blog ini selalu tercurah dari-Nya amin…

  55. btapa besar anugrahmu ya tuhan….

  56. tetap posting ya pak…

  57. assalamualaikum pak nurhana, saya seorang mualaf, keturunan tionghwa, mohon izin copy dan mohon bimbingannya pak karena saat ini posisi saya dalam tarap belajar agama islam dan lagi mencari jati diri yang sebenarnya, karena kesalahan saya sendiri akhirnya usaha saya jatuh, kalau berkenan mohon bimbingan dari bapak, matur sembah suwun kalau bapak berkenan, walaikumsalam, dedy di tulungagung

  58. SALAM KENAL

    saya adalah pengemar tulisan 2 bapak. terimakasih atas tulisan 2 yang bermanfaat itu….

  59. Kalau menurut saya makna dari surat Al-Fatihah adalah tentang perjanjian kita kepada Allah, seperti terucap dalam ayat pertama ” Bismillahirrohmanirrohiim”. (Dengan menyebut nama Allah…..) Disini bisa bermakna kalau kita sudah mengucapkan kata “Bismillahirrohmanirrohiim” berarti kita harus melakukan hal yang diperintahkan oleh Allah. Apa saja yang bertentangan dengan peritah Allah berarti kita telah ingkar kepada apa yang sudah kita ucapkan yaitu “Bismillahirrohmanirrohiim”. Coba bayangkan kalau nama kita dipakai oleh orang lain untuk berbuat jahat, menipu misalnya. Apa yang akan kita lakukan pada orang yang telah memakai nama kita itu? apa kita akan diam saja? marah? atau bagaimana?

  60. assalamualaikum pak, saya minta penjelasan lagi SURAT AL FATIHAH ayat ke-6 apa maksud dari tujukan jalan yang lurus dengan lebih rici lagi,?

    • ardi, asswrwb, atas permintaan anda, akan saya postingkan tadabbur surat Al Faatiha yang saya buat untuk anak saya Karina di Singapura, sehingga anda bisa lebih memahaminya, segera saya postingkan dan pelajari…

    • Ardi, silahkan baca artikel yang baru saya buat yang berjudul ” Tadabbur Surat Alfaatihah”, Doa Harian Karina di Singapura, pertanyaan anda terjawab disana..

  61. alhamdulillah …kalau alam tangis setiap saat bisa saya rasakan dan nikmat rasanya….krn tiada sedih n gembira…air mata keluar dari dalam diri…inilah yg disebut kesempurnaan diri bilamana peningkatan alam diri yg diterima seseorang….
    Intinya Alfatiha ini Qumul Quran yg nyata ada di diri setiap insan yg kamil.
    Maka tuntulah ilmunya sesuai sunah Rasullullah…

  62. Terima kasih di atas tafsirannya.. Sangat berguna bagi menjelaskan kepada mereka-mereka yang tidak tahu isi kandungan Al-Fatihah.

  63. Ass wr wb,

    Subhanallah. Allahuakbar. Alhamdulillah. Sesudah 2 tahun sejak tgl artikel ini…
    Puji syukur ke hadirat Allah swt yang telah menuntun saya ke blog Bpk. Pertama saya masuk ke artikel Tentang penyakit DM dan lain2 lalu…. artikel ttg Al Fatihah ini….. dengan baru membacanya saja sudah ….. ingsreuk ingsreukan …. Nuhun ah Pak. Semoga Bpk selalu sehat terus… supaya saya bisa ngikuti jejak Bpk….. Amin….

    • abimanyu, asswrwb, trims utk apresiasinya…

  64. Terima kasih di atas tafsirannya.. Sangat berguna bagi menjelaskan kepada mereka-mereka yang tidak tahu isi kandungan Al-Fatihah.
    klo boleh di tambah dng bacaan sholat.

  65. terima kasih Pak, tulisan bapak bagus. Tulisan bapak sangat berjasa bagi para pembaca. Semoga juga bagi keluarga

  66. Ass.wr.wb
    Kmrn mlm anak sy panas,padahal bsknya tes,saya wirid al fatihah mohon supaya disembuhkan, alhamdulillah paginya sdh sembuh.saat ini anak saya amandel,kata dokter harus diangkat. adakah cara lain tanpa operasi?ataukah bisa dengan wirid?Terimakasih

    • yaya, asswrwb, selamat atas keberhasilan anda mengobati panas anak anda dengan wirid Al Faatihah…
      Amandel adalah infeksi tonsil ditenggorokan, kalau dokter pasti sarannya dioperasi, tapi saya biasanya menggunakan propolis/air ludah lebah yang banyak dijual di toko herbal Melia Network, hrganya rp 100.000,-perbotol tetes mata..
      Penggunaannya dicampurkan setengah gelas air putih steril hangat dengan 10 tetes propolis, dikukur kumur dulu selam 1 menit agar terkena amandelnya, lalu diminum…sehari tiga kali…
      Kalau anda bantu dengan wirid Al Faatihah, akan lebih baik lagi…

  67. ass,,, pak… subhanaLLAH,,, luar bias makna yang terkandung di dalam AL-Fatihah rupanya… semoga bertambah keyakinan kita kepada ALLAH dengan tanda-tanda kebesaran nya,,, amiinn… lanjut pak posting nya,,,,biar ilmu para pembaca dan khusus nya saya pribadi bertambah…

  68. pohon bahan daripada tuan untuk dijadikan bahan edaran buletin masjid kami. jika mendapat keizinan. wasaallam

    • diah, asswrwb, silahkan….

  69. subhanallah sungguh besar keaguanganmu
    maka bertaubatlah sblm menyesal hai orang2 kafir

  70. Ass. pak sutadz..
    kami tertarik dg taddabur yang telah dituliskan… kami ingin sharing…

    – bukankah bismillah merupakan ayat yang pertama dibaca oleh rosul sebelum membaca surat al ‘alaq…
    shg maknanya memang memiliki keutamaan bila diamalkan..!

    – pada ayat “(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”
    maksud orang-orang pada ayat tersebut apakah kita atau orang2 pada zaman dulu yang memang beriman dan telah allah beri anugerah kenikmatan yang luar biasa..?

    mohon tanggapan pa ustadz…

    • fdhil, asswrwb, silahkan baca jawaban dari ustadz Fadhil ZA yang membuat artikel ini dan saya postingkan seizin beliau…

  71. Ass wr wb

    Ikut urun rembuk..

    Al-Qur’an berlaku sejak diturunkan sampai datangnya kiamat nanti, ayat ini masih tetap sesuai sampai kini. Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan orang orang yang dimurkai Allah adalah orang Yahudi yang suka merubah rubah kitab Taurat yang diturunkan Allah pada mereka, dan orang yang sesat adalah umat Nasrani yang menganut paham trinitas dan mengatakan bawa Allah itu mempunyai anak.

    Orang yang dimurkai Allah dan hidup dalam kesesatan banyak kita jumpai dizaman ini demikian pula orang yang berada pada jalan yang lurus mendapat hidayah dan nikmat dari Allah, banyak juga kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Contoh dan tirulah kehidupan orang yang tetap istiqomah pada jalan yang lurus dan diridhoi Allah, jangan ikuti jalan orang yang dimurkai Allah dan sesat dari jalan yang lurus.

    • ustadz Fadhil ZA, asswrwb, trms atas sharingnya…semoga yang tanya bsa puas…

      • Dan terimakasih juga buat ustadz Tirta yg telah menyediakan media ini.
        Semoga dgn media ini menambah barokah dan hidayah..utk bekal kita diakherat kelak. Amin

    • terimaksih atas jawabannya pa ustadz…
      mungkin nanti km ingin sharing lg mellui media ini.

  72. Alhamdulillah Pak atas wejanganya kami cucu Pak Munhali di Banda Aceh,Salam untuk Bapak kakek sehat sehat aja, masih ingat ama Bapak, Alhamdullilah , smoga tetap sehat, amin

  73. Saya adalah orang yang telah Lama terlupa dengan agama saya, (islam) dan saya selalu melakukan perbuatan2 yang tidak dikehendaki allah, hingga suatu hari pada weton saya dibacakan surat alfatiqah yang kusus ditujukan untuk saya, saya memang merasakan getaran ingun menangis, dan yang ingin saya tanyakan apakah disini ada yang tau kenapa surat itu bisa membuat orang merasakan demikian?
    Terima kasih
    salam
    riana

    • Riana, asswrwb, Surat Al Faatihah memang sangat mujarab kalau dibacakan dengan khusu dan mengerti maknanya, akan membangkitkan energi Illahi yang dahsyat….tapi kalau bacanya tak khusu dan tak mengerti maknanya ya tak akan ada efek apa apa….
      Bacalah artikel Bengkel Pikiran diblog ini, anda akan lebih memahaminya….

  74. ..alamat gar sy bs belajar k bapak langsung di bandung dmn pa..?

    • umar, asswrwb, saya belum terima murid langsung, silahkan belajar online….

  75. Subhannalloh….setelah sy memabca artikel ini semua..terbuka pintu hti sy,,tuk ibdah ke alloh..sm bapak selalu si rahmatin olh tuhan…salam kenal dri sy pak,..??/

  76. terima kasih banyak atas informasinya yah :)

  77. jika dihitung secara kasar…
    Ada kurang lebih 1.4 milyar orang Islam di dunia. Jika Al-Fatihah diucapkan 17 kali per hari pada waktu bershalat oleh setiap orang Muslim berarti Al-Fatihah diucapkan hampir 24 milyar kali setiap hari.

    Jika hanya 50 persen orang Islam setia bershalat, itu masih berarti 12 milyar kali.

    nih pasti ada rahasia yang tersembunyi di balik Al-Fatihah, begitu banyaknya surat Al-Fatihah dibaca semua umat islam di dunia.

  78. informasi yg baik…mintak copy pak

  79. nama saya adit pak yang sya ingin tanyakan apakah penyakit ke jiwaan yang selama ini saya rasakan bisa dapa berpengaruh pada mata menjadi merah dan apakah semua hanya sebuah ilusi saja atau adakah sebuah ajab dari tuhan

  80. Sungguh maha besar Allah SWT,,, semoga kita selalu di jalanNya amin

  81. hati saya langsung terketuk.insya allah mulai saat ini saya akan berusaha selalu di jalan allah.saya sangat hapal surat alfatihah dan juga arti nya.entah mengapa setelah saya membaca tadabur ini,saya termenung dan tak terasa kedua mata ini menetes.sungguh luar biasa…… allahu akbar.

  82. Subehanalloh.

    GUSTI ALLOH kulo NYEKSENI, mboten wonten PENGERAN MALEH KEJAWI PANJENENGAN LAA ILLAHAILALLOH.
    GESANGNING URIP KITA WIRID DZIKIR DATENG ALLOH.
    GESANGING ATI IRO MAOS LAFAL HU ALLOH.
    LAA ILLAHAILALLOH MUHHAMAD DAROSULLULOH.

  83. subhnallah dahysat sekali ternyata pak..trimakasih atas informasi ini …

    • addurun nais, asswrwb, trims atas commentnya..

  84. SubhanalLah,.trima ksih atas informasi’a pak..
    Klo bleh minta,sya ingin skali mngerti makna2 dri gerakn sholat dan bcaan2’a,.slama ini sya sholat hny tw gerakan dan bcaan’a saja,sya ingin skali mgerti pak,.Trima kasih

  85. Assalamualiakum,…….
    allahu akbar ya gan,…. memang firman Allah SWT benar2 realita yg ada di kehidupan.
    Kaligrafi Jepara

  86. Assalamualaikum,

    Terima kaseh pada Tuan, semoga Allah menganjari Tuan dengan pahala yang banyak.

    Terasa ingin benar saya kongsi penerangan Tafseer Al Fatihah oleh Syeikh Musa Menk di http://www.youtube.com/watch?v=qNA203TKo_o&feature=related

    Semoga bermanfaat.

  87. Insya Alloh, semoga kita termasuk dalam orang orang yang mendapat Rahmat, Hidayah dan Ridlo Nya Amin Ya Alloh Ya Robbal’alamin

  88. fatihah inti dari segala surat,buat ak fatihah adalah gerbang untuk bersimpuh pada ALLAH.al fatihahlah pembuka jalan sekaligus pemberi jalan untuk bersujud kepadaNYA……..

  89. Subhanallah Mudah mudahan Allah membukakan pintu hati kita untuk selalu mengingat Allah……Amiiiinnnn….

  90. Assalamualaikum.. sebelumnya saya sangat berterima kasih telah mengingatkan saya lewat tulisan bapak tentang makna dari Surat Al-fatihah, tanpa sengaja, terbacakan oleh saya tentang makna Surat Al-fatihah, penjalasan bapak sangat mudah tuk diterima. memang jika kita menghayati Surat Al-fatihah Ayat demi Ayat.. Insya Allah kita terasa dekat dengan Allah dan sifat buruk dari dalam diri akan hilang di telan kebaikan. wassalam

  91. saya pengen nangis :(
    allhamdulillah allah masih mengijinkan aku membaca al fatihah sampai saat ini :)

  92. Ya allah, andai saja smua manusia bsa mngrti arti dari al-fatihah, ak yakin nerakaMU tak akan ada isinya.
    ya ALLAH, mhon perlihatkan siksa neraka pada kami yg tdk sllu brsykur, mnrima, puas akan nikmatMU. agar kmi smua sadar bhwa khdupan di bumi hanyalah smntara.
    ya ALLAH ampunilah smua salah dan khilaf kmi.
    amien amien amien ya robal alamien.

  93. Assalamualaikum.
    Terima Kasih atas informasinya Pak. Sangat bermanfaat.
    Mohon izin mengcopy paste Pak.

  94. ak maw blajar kepada anda tentang al qur’an

  95. Assalamualaikum,kebetulan tadi saya sudah baca pak
    semua pendapat tentang apa saja boleh boleh saja,tidak ada yang paling bener dan tidk ada yang disalahkan,kebenaran hanya milik Allah Tuhan YME penguasa alam dan Allah yang satu yang ada dalam diri saudara masing-masing.untukku pendapatku dan untukmu pendapatmu,kenapa saya bilang begitu karna msih sesama muslim,kalau dalam perdebatan antar agama lebih meluas lakumdinukumwaliyadiin,lebih luas lagi untukmu bangsamu dan untukku bangsaku,lebih luas lagi untukmu benuamu dan untukku benuaku lebih luas lg untukmu planetmu dan untukku planetku…intinya biar kita hidup rukun dan damai tidak saling mengganggu..dalam alquran itu memiliki arti yang flexible Rahmatan lil alamin rahmat bagi seluruh alam mencangkup berbagai sudut pandang.dari cara pandang mana saja terpakai,Alquran itu rahmatan lil alamin rahmat dan cahaya buat alam manusia dan alam lain…karena Allah mewahyukan kepada Nabiku Muhammad SAW sebagai wakil manusia /Rosul/orang kepercayaan Allah dan diikuti alam lain dan Allah mengutus beliau menyebarkan alquran sebagai lentera petunjuk jalan bagi seluruh alam manusia dan diikuti alam lain di dunia yang gelap ini supaya terang dalam menjalani kehidupannya.dan Alquran adalah kitab terakhir penyempurna kitab-kitab sebelumnya..kenapa?
    Semua tahu…Allah menciptakan & menerapkan segala sesuatu selalu melalui SISTEM ada tahapan dan proses dan menggerakannya dengan hukum sebab akibat. Manusia dalam pembentukannya di ciptakan bertahap ke dunia ini..mulai dari segi akal,budi,dan budaya dari yang primitif sampai yang modern menurut manusia zaman skg.Nah…begitu jg kitab kitabNya diturunkan secara bertahap sesuai zamannya,dari zaman purba nabi adam,nabi Ibrahim ,nabi…. nabi musa, nabi isa dan terakhir nabi Muhammad SAW sampai sekarang.kenapa di katakan nabi terakhir…karena dalam Alquran sdah tersurat dan tersirat kisah dan kejadian nabi sebelumnya atau menyempurnakan kitab sebelumya tidak ada lagi kejadian baru dalam peradaban dan perilaku manusia sampai akhir zaman Alquran selalu cocok dalam pemahamannya.Alquran mengandung isi tentang nilai-nilai keimanan yakni ada 6 rukun yang dalam prakteknya selalu ada dua kegunaan/fungsi,yaitu

    1.pengertian iman secara luas /alam semesta
    2. pengertian iman secara mengerucut/ personal

    coba saya terapkan ,bandingkan dan samakan pengertianya antara pengertian LUAS dan PERSONAL

    RUKUN IMAN

    ARTI LUAS ARTI PERSONAL/mengerucut

    1.Iman kepada Allah

    2.iman kepada malaikat < percaya 2.iman pada kemampuan
    bahwa dalampenyampaian maksud-Nya diri atau bakat diri,atau
    Allah selalu lewat para malaikat percaya terhadap apa yang
    sendiri kerjakan.
    3. Iman kepada Kitab Allah< percaya akan
    Hukum-hukum dan aturan main yang ada 3.Iman pada Buku atau
    panduan aturan kerja
    dalam Kitab untuk menjalani hidup,yang yang dikerjakan/jalani
    di sampaikan lewat para malaikat pada
    para Rosul> 4.iman pada orang yang di
    percayai oleh sendiri
    4.Iman pada Rosul-Rosul Allah
    5. Iman bahwa segala
    5.iman pada Hari kiamat < percaya bahwa sesuatu rencana
    hukum dan aturan Allah itu ada ujungnya ada hasil akhirnya
    ada hari akhirnya,ada pembalasanya.

    6.Iman pada Qada dan Qadar< percaya bahwa 6.iman bahwa hasil itu
    ketetapan atau hasil akhir itu akibat apa karna ada kesalahan
    yang telah Allah Rencanakan sendiri kalau gagal.dan
    sesuai rencana sendiri
    kalau sukses.jangan
    menyalahkan siapa2

    Demikian pengertian iman, kemudian Islam….islam adalah agama murni bukan agama ilmu pengetahuan tertentu yang mengkhususkan umatnya untuk melakukan peradaban tertentu tapi islam itu menyeluruh.Di ibaratkan islam itu wadahnya dan faham atau ilmu yg lain itu adalah isinya.faham yg lain itu seperti ilmu matematika,ilmu kasih, ilmu bathin , ilmu geografi , ilmu tata letak ,atau ilmu seni,ilmu budaya dll.

    Islam adalah murni agama ilahi yang isinya lengkap tentang hal-hal yang spesialis sampai hal-hal yang globalis semuanya tersurat lewat hadist,qiyas dan ijma , dll ada.Yang memudahkan umat untuk memilih dan menjalani sesuai kemampuan dan kekurangan diri dan kaumnya masing-masing sesuai tingkatan keislaman,keimanannya masing-masing
    karena surga dan neraka itu juga ada tingkatan-tingkatanya, jadi berbahagialah bagi yang sudah mengikrarkan dirinya islam dengan mengucapkan rukun pertama yaitu SYAHADAT..dia insya Allah sudah masuk dalam kategori golongan penghuni surga, tingkatan surga yang mana hanya Allah yang tahu.Untuk mencapai kebahagiaan itu diperlukan kesadaran diri dan sadar diri…kalau merasa belum mampu yah jangan meksain diri..lakukan rukun-rukun dalam islam secara bertahap sambil berlatih…yang mudah dululah yakni yang pertama Syahadat …kemudian sholat kemudian hasil kerja itu kita wajib zakat setaun sekali biar berkahlalu….puasa ..sesudah itu kalau hemat kan jadi kaya
    ya baru naik haji sebagai puncak tujuan hidup.Ingat bagi yang mampu….bukan mampu secara materi saja tapi mampu segalanya…mampu mengatur harta,keluarga dan tetangga. kalau ketiga itu dirasa cukup mampu barulah inya Allah Haji mabrur derajat tinggi.ada keseimbangan antara lahir dan bathin.lahir kemampuan mengatur hablumminannas dan bathin hablumminallah

    Demikian Aturan hidup secara islami , kalau kita jeli meneliti bisa diperhatikan bagaimana setiap hari, minggu, bulan dan tahun rukun islam itu berjalan otomatis…hari senin itu syahadat/niat,selasa sholat/bekerja,rabu zakat/berempati membantu,kamis puasa/tahan diri dan jumat haji/melakukan sholat jumat,sabtu minggu libur sama dengan bulan sesudah syawal sampe zulhijah libur dilarang berperang/beraktifitas.
    menurut bulan ….sesudah bulan haji silahkan susun rencana /niat/syahadat…lalu sholat/bekerja sampai bulan mau ramadhan…lalu zakat/membantu yang kurang mampu saat mau ramadhan lalu puasa di bulan ramadhan/tahan diri berhemat hasil waktu kerja…sesudah puasa di hari kemenangan…kita bisa bersenang-senang atau nmenunaikan haji .
    Begitu islam itu indah…jgn merasa diri itu penuh dosa teruslah berusaha baik…Allah itu maha pengasih lagi maha penyayang Bismillahirrahmanirrahiiim yang selalu di ucapkan sebelum melakukan sesuatu. jangan pernah menyesali hidup atau dosa-dosa yang kita kerjakan alfa ,khilaf dan lupa itu manusiawi Allah maha tahu segalanya termasuk isi hati kita ,Maha Tahu kekurangan dan kelemahan kita maha pengampun dan penyayang mengampuni walau dosa segede gunung….sekarang maafkan semua orang yang pernah mengganjal di hati,dan maafkan diri sendiri….maafkan mereka semua ibu,bapak ,handai taulan, Allah ada dan dekat dengan kita Sholatlah semampu kita dan jgn merasa berdosa kalau kita lupa.kita sudah islam!!bagi yang memiliki masalah berat dalam hidup segeralah lepas kesedihan…berharaplah Allah akan mengutus Rasul-rasulnya sesuai surat alfatiha sebagai surat pembuka yaitu surat pembuka jalan hidup dalam menentukan pilihan.ikuti kata hati anda yang yakin..alfatihah adalah surat kepercayaan diri,biar kita tidak ragu…..alfatihah….satukan niat antara keteguhan pada Allah Swt dan pada diri sendiri.ikuti orang yang lebih dari kita,jangan ikuti yang kurang dari kita.Laailahaillallah muhammadarrosulullah….
    tidak ada tuhan selain Allah Nabi Muhammad utusan Allah
    tidak ada yang meruntuhkan keyakinanmu dan percayai orang yang telah kamu suruh DENGAN ITU AKAN ADA KEDAMAIAN.Berbahagialah kalau sudah Islam,tersenyumlah kalau perlu tertawalah….sampai akhir ajal…KETIKA BAYI LAHIR MENANGIS YANG LAIN TERTAWA, DIKALA IA MENINGGAL TERTAWA YANG LAIN MENANGIS.AMiiiiiiiin…mohon maaf kalau ada kekurangan atau kurang enak di fahami ,atau di dengar telinga.salah tempat..niat saya baik dan ingin menjadi baik.semoga ada yang bisa di petik.Wassalam

    • Ikhwanudin, asswrwb, trims utk sharingnya…

  96. subhanallah,,,,,,tdk bs d lukiskan dgn kta2

  97. Alhamdulillaah,,
    smoga kita semua tetap dalam ISLAM,
    the only way to heaven…

  98. Subehana Allah . . . .
    Maha suci Allah

  99. MAHA BESAR ALLAH dngn sgala AYAT2 SUCI NYA

  100. subahanlah allah…….

  101. subhanallah..begitu menyentuh..

  102. sungguhh
    besar y karunia
    yg allah berikan

  103. maaf,sy hanya mau bertanya, kenapa surat al fatihah cenderung lebih bersifat doa dari umat ke tuhannya (ayat 5,6 dan 7), padahal Al qur’an kan ayat tuhan bukan buatan manusia..kalo ayat tuhan, kenapa ada ayat “kami memohon pertolongan”, ini kan seolah2 perkataan manusia yg memohon kepada tuhan.mohon maaf sebelumnya bukan menyinggung hanya ingin tau sj bagaimna pendapat anda?

    • agung, semua isi Al Quran adalah harus ditafsirkan secara baik dan benar dan ada ilmunya, tapi yang pasti, surat dan ayat itu tak boleh dirubah semau kita agar cocok dengan persepsi kita…Bunyinya seperti itu lalu tafsirnya mau seperti apa?…KALAU BUNYINYA BEGITU, TENTU TAFSIRNYA YANG HARUS DICARI, YAITU MANUSA LAH YANG HARUS MENYEMBAH DAN MINTA TOLONG PADA TUHAN…BUKAN DIBALIK…

  104. Alhamdulillah ya allah…melalui blog ini banyak masukan yang saya terima. maksih om tirta,…. ditunggu tulisan pengalaman lainnya, saya orang islam yang awam terhadap islam… smoga ini menjadi pemicu untuk lebih jauh lagi mendalami islam, doakan saya semoga tidak terjerumus lebih dalam dalam hal duniawi…aminnn.

  105. makasih sudah diingatkan tentang HATI… sudah lama tidak menangis kala membaca al-fatikhah ini :(

  106. izin copas gan…
    sangat bermanfaat..:)

    • silahkan

  107. Subhanallah.. sudah lama saya nggak membaca arti surat Al Fatihah. saya tidak pernah menyadari betapa powerfulnya ayat ini. padahal sudah diajarin sejak kecil, tapi gak pernah dihayati..

  108. copas ya brow….boleh kan????

    • Alief, silahkan…

  109. izin minta copy.

    • OK…

  110. Bersyukurlah kt yg masih bergetar jiwa dan raga kt bila membaca dan mendengar ayat suci AL~QUR’AN

  111. Jika sya branggapan al fatihah adlah jln.entah jln mncri hdup d dnia ato akhirat apkh saya slh.
    Mngambl dri arti tnjuknlah kmi jln yg lurus.
    Mk sya brksmpulan.
    Al fatihah bsa d buat amalan untuk mncpai keinginan[dunia].entah itu pekerjaan,cinta,tahta atopun ap yg ad d keinginan kta aslkn itu baik dan tak mrugikn yg lain.
    Bukankh makna dari tunjukanlah jln yg lurus itu luas skali jk kta mau mnilai ulang.d prkuat dg yaitu jln orang2 yg engkau anugerahi nikmat….
    Maka saya beranggapan
    {membaca al fatihah tak hrus d saat sholat aj.tp d stiap jengkal langkah kita pun klo bisa kita ttap mmbaca/mngamalkan surat al fatihah n phami mkna trsaji.itu klo kta mmpu melakuknya}
    jd apkh saya salah jk saya beranggapan al fatihah adlah jln sgalanx.
    Sungguh hanya ALLAH SWT yg maha tahu ats sgala ap yg di hadirknya.

  112. saya setuju dengan yg ditulis pak andi,,,!!!

  113. asslm…..wr wb
    kalau mnurut pendapat saya sbg org awam… ktika sholat bukan,harus,kudu hafal arti alfatihah saat sholat. tp ktika sholat yg 1 adlh niat,…saat Allahu Akbar tancapkan,hujamkan dlm hati…BERUSAHA dan rsakan kehadiran Allah…itu saja mnurutku.

    kalau masalah kenpa ktika sholat byk orang mengatakan …waktu sholat pikiran kta kadang ngelantur kemana mana….jangankan kita Ustadpun PASTI gitu kadang.,,.

    itulah mksud ktika habis sholat jng langsung pergi ,..di anjurkan lbih baik dzikir,…berdoa..dll…intinya jng lgsung pergi dech stelah salam..krn untuk mengganti kelalaian2 saat sholat tdi…

  114. as.wr.wb alhamdulillah hati sy jdi nyaman dan tenang setelah masuk di blok ini

  115. Banyak yang memberi pendapat disini atas makna surat Al fatihah, semua bagus baik dan benar tidak salah, cuma kadang suka keliru dalam penafsiran. Jika kalian semua tau yang terkandung di ayat pertama (ayat 1) Al fatihah disitu terdapat 20 huruf ( Alif Bismillahirahmanirahim ) dari Alif rahman rahim dan di akhiri huruf Mim, hanya sebagian saja orang2 yang bisa membaca nya. didepan huruf Bismillahirahmanirahim ada huruf Alif yang jarang sekali dibaca, setiap huruf yang tidak mati maka harus dibaca, di dalam isi seluruh Al’Quran huruf Alif tidak pernah Mati dan harus dibaca, seperti huruf Alif Lam Mim pun tidak ada tanda pun kita baca, coba saudara ku semua se islam kamu renungkan bagaimana cara membaca huruf Alif didepan ayat pertama bismillahirahmanirahim. itu adalah kunci Rahasia Allah Ta’Ala. selama ini mungkin saudara ku sekalian hanya membacanya 19 huruf saja, berarti kurang 1 huruf.

    • apakah sesuai dengan hukum tajwidnya

    • cara merenungkannya bagaimana pak?, kan membaca Al Qur’an hrs sesuai dengan hukum tajwidnya

  116. subhanallah.! sungguh besar karunia ALLAH SWT trhdp seluruh isi alam smesta.tak terhingga

  117. subhanallah..tks pak..sy bersyukur krn menemukan blog ini..dan sy berdoa semoga bapak panjang umur ..dan sy mhn doa utk keluarga sy agar menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah.di aukan dari masalah.amiin

  118. terima kasih….banyak2 semoga Anda diberkati Allah.

  119. Alhamdulillah,InsyaAllah akan sya coba merasakan sentuhan kasih sayang ALLAH SWT.AMIN

  120. Allahhu akbar terimakasih banyak…
    semoga Allah selalu dekat dengan kita melebihi dekatnya nadi kita semua. Amien yarobb…:))

  121. maaf pak nurhana…
    saya baru sekali masuk blog bapak..itupun kebetulan……tapi asal bapak tau…setelah sholat subuh saya otak-otik google..gak tau masuk blog pak nurhana..yg saya heran udah lama saya tidak sholat..ada sekitar 10than saya tidak sholat walaupun ada sholat 5 waktu ipun disebabkan sesuatu atau kebetulan lagi dimesjid..dan shalat jum’at biasanya ada trus tapi 6 bulan udah jarang juga… tapi pagi tadi pak nurhana saya teringat shalat, saya langsung shalat..tapi kacau sekali tidak ada rasa tinggal dalam hati..yg dapat hanya capek tidak ada bergetar atau sejenis rasa dekat pd ALLAH SWT,rasa ngbrol dengan ALLAH SWT,juga tidak ada …dulu pak ada waktu masih bujangan..klu selesai shalat hati saya tentram..sekarang tidak ada sama sekali..yg saya fikirkan gimana ini gemana itulah..sekarang memhon sama ALLAH SWT saya kurang pak..didalam hati saya hanya bekerja-bekerja hasilnya terserah pada ALLAH SWT..tapi saya tidak bersyukur rehadap hasil akhir yg saya dapat…dari pengalaman bapak nurhana…bagaimana saya harusnya pak mohon pencerahanya pak…

  122. Maha benar Allah dengan sagala firman Nya

  123. Subhanallah,,, hti sya trgrak stlh’y bca arti dr surah Al-fatihah in. knpa ga dri dlu sy mngnal blog bpk,,, d saat sya d uji sma Allah sy mlah prustasi(mnylahkn dri sndri) d bnak sy hny ad ucpan “knpa y Allah Engkau brkan ujian sbrat in pda hamba” tp Alhamdulillah stlh’y sy sdar kmbli sm Allah, Allah mmbrkan NIKMAT yg bgtu bnyk bt sy. sya skrng brfkr ” Allah syng sm sya mka’y sy d uji bt mnylmtkn sy klak d akhrat nnti” trmksih y Pa ats ilmu’y mdh2an sy slah 1 dr Hamba Allah yg sll brpdoman pda Al-quran Amin

  124. Subhanallah,,

  125. Berilah hamba mu ini ampunan mu ya allah, sebelum hari pembalasan itu tiba tetapkanlah iman hamba ini hanya kepadamu ya robbi,
    allahu akkbar. . .

  126. alhamdulilah pak bersyukur kpd allah swt saya di pertemukan dengan anda amin ya rabbal alamin

  127. ASSALAMUALAIKUM….
    ALHAMDULILLAH… SGT BERMANFAAT UNTUK SAYA SEKELUARGA…
    MOHON SHARE YE.

  128. subhanallah……dengan membaca tulisan2 pak tirta saya banyak mendapat pencerahan….dan hampir semua yg saya baca menggetarkan tubuh….atau merinding…saya sdh tdk bisa lu
    kiskan lagi dng kata2….

  129. semoga kita tetap manyayangi Allah

  130. Assalamualaiku…
    terimakasih pak, bermanfaat sekali. izin share ya? :)

  131. Banyak umat Islam tidak mengerti bacaan sholat maupun al Quran karena ego para pemuka agama. Dalam pertemuan para ahli beberapa ratus tahun lalu itu diputuskan bahwa Al Quran tidak boleh di terjemahkan ke berbagai bahasa. Alasan formalnya supaya tetap terjaga keasliannya. Alasan sebenarnya supaya merekalah yang mengartikan bagi masing-masing jamaahnya. Jadi mereka tetap bisa mengendalikan jamaahnya dengan cara tetap membiarkan mereka dalam kebodohan baca Al Quran. Banyak orang yang hanya hafal, tetapi sama sekali tidak mengerti artinya. kasihan deh !!

    • Trims atas sharingnya…utk diketahui dikalangan umat Nasrani lebih gawat lagi…dulunya hanya Pendeta di Gereja yang boleh punya Injil Perjanjian lama, bukan pendeta dilarang keras…ya betul agar mereka yang bisa mengatur umat, utk keuntungan sendiri..

  132. permisi pak tirta
    mohon maaf, ingin nyumbang dikit pengetahuan yg Allah berikan, semoga ada manfaat.
    ARRAHMAN (maha pengasih)
    rahmatNYA di dunia berupa udara, air, tanah, dan sterusnya semua gratis. Dan itu Allah kasih tanpa pandang bulu baik yg kafir apalagi yg taat.
    ARRAHIM (maha penyayang)
    rahmatNYA di aherat berupa surga yg penuh dg kenikmatan ini di khususkan bagi hamba-hambaNYA yg di sayang. Semoga kita termasuk hamba yg di sayang oleh Allah. Amiiin.

    • Trims sharingnya…

  133. aku gk th knp stelah baca tulisan diatas td air mata lgsg mnetes ..q heran..!!!

  134. Assalammualaikum bapak…

    Terus terang sy bru baca tafsir al fatihah yahh d blog bpk ini. Padahal hampir tiap hari sy baca dsetiap sholat. Bahkan setelah selesai sholat pun slalu saya hadiahkan 3x alfatiha kpd alm. Papa sy, y sy tau hanya klo qt menghadiahkan bacaan alfatiha kpd org y telah meninggal sangat bagus utk mreka. Trims bpk utk tulisan tafsir alfatiha nya…

  135. Terima kasih om, atas tausiahnya yg luar biasa tadi di pertemuan RT. Saya malah ngga menyangka untuk hal yg sangat mendasar seperti ini banyak sekali orang yang tau, bahkan sekedar terjemahnya pun, apalagi hal-hal yang lainnya. Lebih kaget lagi ketika saya membaca blog ini, ternyata bukan hanya di RT kita. Pantaslah bangsa ini dikasih aib dengan dikasih presiden yg wudlu dan baca alfatihahnya ngawur.
    Saya juga heran sama ABRI, kok org pinter begini cuma dijadiin kolonel. Semoga Allah memberikan pangkat yg pantas: Jendral.
    Beruntung sekali warga disini punya sesepuh seperti om.
    Untuk om dan keluarga, semoga berlimpah berkah.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.227 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: