Oleh: tirtaamijaya | Desember 24, 2008

TIPS MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT DIABETES MELITUS

Penyakit Diabetes Melitus atau yang umum sebut penyakit “Kencing Manis”, atau “Penyakit Gula Darah” sekarang ini sudah menjadi penyakit “sejuta umat”….

Mengapa demikian? Hal ini banyak disebabkan oleh Life Style Modern/Pola Hidup Modern yang terbiasa dengan mengkonsumsi Fast Food, Goreng gorengan, Rasa Gurih/berlemak, kurang buah dan sayuran…

Disamping itu masyarakat umumnya menganggap bahwa penyakit Kencing Manis hanya diakibatkan terlalu banyak makan minum yang manis manis, sehingga cara mencegah dan mengobatinya cukup dengan diet makanan dan minuman yang manis manis atau mengandung banyak karbohidrat (nasi dan sejenisnya)…sehingga dianggap tidak berbahaya…

Sebenarnya kalangan kedokteran menamakan penyakit Diabetes Melitus sebagai “Mother Of Deases”…”Ibu Dari Bebagai Penyakit…”

Mengapa dinamakan demikian?…Karena bila seseorang sudah mengidap penyakit kencing manis, berarti darahnya tercemar oleh gula yang menyebar keseluruh organ tubuh penting lainnya dan merusak organ tersebut…

Organ apa saja yang bisa dirusak?…

Pertama adalah Otak…orang akan menjadi menderita pikun/pelupa …

Kedua adalah mata…orang akan menderita rabun mata sampai buta…

Ketiga ginjal, orang akan menderita gagal ginjal dan harus cuci darah…

Keempat alat kelamin, untuk pria akan menderita impoten….

Dan banyak yang lain lagi…

Benarkah pengobatannya cukup dengan diet minum dan makan yang manis manis atau yang bisa berubah menjadi glukosa dalam darah?…..Sepengetahuan saya jawabnya adalah tidak benar!!!

Diet tersebut hanya akan menjaga penyakit tidak semakin parah dan menunda kerusakan organ yang rusak….

Sebenarnya apa yang harus dilakukan?…

Yang harus dilakukan adalah ia harus mengobati organ Pankreasnya yang berfungsi menghasilkan Insulin yang akan memproses metabolisme gula yang ada dalam darah menjadi enerji ( Glukosa diproses menjadi glukogen yang diperlukan untuk energi dalam aktivitas otot dll)…

Apa obat Pangkreas?…banyak, tapi pilihlah yang bukan kimiawi, cari yang organik…agar tidak menghasilkan limbah racun yang akan merusak Lever dan Ginjal…

Herbal yang sering digunakan mengobati penyakit kencing manis seperti daun salam; ramuan rebusan daun jambu, kunyit putih dan rambut jagung dll sebenarnya hanya memiliki efek mengurangi kadar gula dalam darah, tidak memperbaiki Pankreasnya !!!

Untuk memperbaiki Pankreas, harus dilakukan upaya serius, yaitu disamping diet yang ketat terhadap makanan dan minuman  yang mengandung gula dan karbohidrat, juga harus olah raga rutin dibawah sinar matahari pagi antar jam 6-8 , serta mengkonsumsi supelmen yang mengandung omega 3(minyak ikan laut dalam, sunclorela, crypto, ikan salmon dll)…

Olahraga rutin setiap hari dibawah matahari pagi akan menyerap Sinar Far Infra Red (Biofir) yang sangat bermanfaat membantu proses metaolisme tubuh secara sangat efektif)…akan membantu oroses perbaikan dan pembuatan sel baru organ tubuh yang rusak….

Demikian juga 0mega 3 akan membantu proses metabolisme pembentukan sel baru organ tubuh yang rusak dan melindungi inti sel organ tubuh kita…

Diet ketat akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah agar metabolisme tubuh menjadi lebih lancar daqn mengurangi pencemaran gula pada organ tubuh yang rusak….

Jadi yang harus dilakukan adalah:

Lakukan positif thinking; Olah raga rutin/intensif dibawah sinar matahari pagi antara jam 6-8 pagi; Diet ketat mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula/karbohidrat; Makan dan minum supelmen mengandung Omega 3 tinggi; Secara berangsur mengurangi obat kimiawi dan menggantinya dengan supelmen herbal dalam dosis yang tepat…

Dari semua hal yang disebut diatas, menurut pengalaman saya, pengaruh olah raga rutin dibawah sinar matahari pagi adalah yang sangat mudah, murah dan efektif, tidak mengandung resiko apapun, tapi justru memperkuat jantung dan paru paru…

Selamat mencoba….

About these ads

Responses

  1. pak,
    memang herbal bagus untuk penyakit2 degeneratif seperti DM, hipertensi, dll.. meski begitu, efek yang diharapkan munculnya jadi agak lama, so butuh kesabaran ekstra.
    lalu, jika memang tidak menghendaki pemakaian obat kimia, bisa pakai insulin yang diinjeksi…meskipun ini biasanya pilihan terakhir bagi seorang penderita DM,tapi jika si pasien mau menjalankan terapi insulin, maka komplikasi yang mungkin akan timbul akan berkurang…ini bukan obat, tapi hormon…
    salam ya pak ;)

    • blh saya tau FB na..
      untuk sharing mengenai Diabetes?

      • ferly, asswrwb…yang pelihara FB saya bukan saya, tapi anak saya, sehingga jarang di update…jadi sebaiknya tulis diblog ini saja….

  2. bagaimana caranya memperbaiki pankreas yang rusak.

    Tks
    doni

    • doni, asswrwb, silahkan tilpundi 0818104571….

  3. kapan pembukaan pendaftaran untuk 2009/2010

    • kurnia, sebaiknya anda tanya ke Kodim setempat….

  4. saya tunggu pak krn aku mau daftar

  5. kapan moderasi akan tanggap alasan saaya

  6. bagaimana cara memperbaiki pankreas yg rusak?
    dan adakah cara mengobati alami?

  7. ap gk ad efek samping dri pemakaian insulin..???
    ibu aq dah sekitar 6 bln pake insulin injeksi takut nya di kemudian hari ad efek samping nya…
    please reply fast,,

    • alan, asswrwb….suntikan insulin memang dibutuhkan bagi mereka penderita Diabetes, fungsinya untuk memproses gula yang ada dalam darah menjadi enerji/glukogen, sehingga kadar darahnya normal kembali….sebenarnya insulin harus diproduksi oleh pankreas tubuh kita sendiri, tapi karena pankreasnya rusak/sakit, maka tidak mampu memproduksi insulin sendiri….jadi disamping disuntik insulin, pankreasnya juga harus diobati secara serius, jangan dibiarkan rusak sampai parah…menurut pengamatan saya, kalau hanya disuntik insulin saja, memang sementara gula darah turun/normal, tapi pankreasnya semakai tidak aktif/tak berfungsi, lalu setelah sekitar 3-5 tahun akan gagal fungsi secara total dan harus cuci darah dan akhirnya meninggal dunia….

  8. Pa kah penykit DM b’pengaruh at menurun pda kturunanx.?

  9. Asallamualaikum. Pak . Saya ingin nanya tentang penyakit diabetes melitus. Ibu saya diduga menderita diabetes melitus,dan kaki ibu saya terkena luka di jari kelingking. Umur ibu saya 43 Tahun .Lukanya itu lama keringnya. Lalu ibu saya dibawa ke dokter. sesudah diperiksa dokter ,dokter itu bilang kadar gula dalam darah ibu saya 250. Tetapi dokternya bilang tidak boleh banyak bergerak.Pertanyaan saya adalah
    1.Buah apa saja yang bisa dikomsumsi ?
    2.Bagaimana cara berolahraga yang baik sewaktu jari kaki ibu saya terluka ?

    • dennis, asswrwb,……. 250 adalah angka kadar gula yang cukup tinggi, tapi belum terlalu parah…normalnya kalau tidak puasa 120, puasa sekitar 80…
      Isteri saya pernah sampai 300, terapinya sering meminum jamu godogan kunyit putih dicampur daun jambu batu dengan buahnya beberapa lembar/biji, tambah minum jus buncis stiap hari satu gelas…olah raga setiap hari jalan kaki selama satu jam antara jam 8 s/d jam 10 pagi…
      Jangan lupa harus selalu berpikiran positif, pelajari diblog saya…sekarang isteri saya sdh sembuh….

      • pak bapak saya kena penyakit gula, yg tiap hari badannya selalu kurus,yg td brat bdnnya 80an skrng sdh 50.yg hr tuh bapak cek gula sampe 800an.& skrng bapak dah susah buang air besar,makanannya pun harus bubur,itupun gk banyak.saya anaknya minta tolong ke pada bapak bagai mana cara menyembuhkannya???trima kasih.

      • jeriko, asswrwb, saya ikut prihatin dengan penyakit bapak anda…
        Membaca cerita anda, saya analisa, penyakit DM bapak anda sudah pada stadium yang sangat tinggi, walaupun belum terpaksa harus cuci darah….Kalau dibiarkan, nanti akan harus dilakukan pencucian darah yang memakan biaya sangat tinggi, karena ginjalnya tak berfungsi lagi…
        Tolong anda ceritakan yang jelas secara kronologis pengobatan yang telah dilakukan terhadap bapak anda, kedokter mana, ataupun ke alternatif mana, obat apa yang diminum dan terapy apa yang telah dilakukan???
        Anda dan bapak anda tinggal dimana?, dan jelaskan siapa anda ini…

  10. Assalamu’alaikum wr.wb,pak.Saya ingin tanya tentang penyakit diabetes.Saat ini ibu saya menderita diabetes sekitar 4 bulan yang lalu.
    Sekarang setiap hari, ibu saya minum obat dan diet makan. namun kadar gulanya masih tinggi(saat pertama cek 577.sebln kemudian 280& sebulan lagi
    di cek naik lagi jadi 355)kata orang coba dgn minum Undur-undur (serangga yg jalnnya mundur) tetapi masih juga tinggi.Apa benar undur-undur bisa jadi obat diabetes ? saat ini memang belum ada epek samping yg timbul.tolong ya pak ?

  11. I want to express my high regard of your writing skill and aptitude to make reader to read the while thing to the end. I want to read more of your blog posts and to share my thoughts with you. I will be your frequent visitor, that is for sure.

  12. sekarang sudah ada Herbalife dari Amerika yg bisa menyembuhkan Diabetes sampe sembuh total. Pasti sembuh dijamin. Banyak kesaksian orang yg sudah menggunakan sembuh total. lihat: http://makanankesehatananda.blogspot.com

    • produk apa itu pak. beritahu saya dan dimana bisa saya dapatkan

    • mau dong ..obat herbalife buat diabetes yg dr amerka itu apa yaa dok

  13. Bagus sekali petuanya Pak , luas betul pengetahuan bapak. Pak boleh bagi petua rawatan tradisi untuk orang yang menderita buasir . tk

  14. wah salam kenal untuk pak tirta.
    setelah baca sekilas tentang blog bapak, saya menjadi terkesan.
    bapak ini bukan orang biasa, tapi yang saya suka gaulnya sama orang biasa.

    dibanding usia bapak, saya masih tegolong muda. karena saya masih 39 tahun. banyak pengalaman yang bapak miliki membuat saya terkesima.

    salam kenal pak.

  15. klik http://www.masrizkiku.com disitu ada keberuntungan anda

  16. saya baru 19th tp saya dah ngalamin DM kayak.na blom perna c d periksa ke dokter, mang c pola hidup saya tidak sehat dan jarang barolahraga,saya baru ngalamin.na 1bln terakhir, dan menyadari.na pagi kemaren saat buang air kecil, pa masih belum terlambat tuk di sembuhkan??
    dampak yg sering mncul yg saya alami
    >>suka lupa
    >>sering kesemutan
    >>mudah lelah beraktifitas
    pa tips diatas bisa menyambuhkan saya??
    tolong ya balas d E-mail saya trima kasih……

  17. aku mau nanya kalau DM itu di sebabkan pankreas , makanan apa saja yang bisa membantu penyembuhan pankreas yangtelah rusak (tertutup lemak)

  18. ..*_*..

    tQ InfoNya yG sngt MmBantu byk oRg
    Jd dr Usia Dini pun Qt Smwa Dpt mEngtur Pola Hidup Qt Agr Lbh Baik Lg…

    foR aLL..CemanGatttzzZZz..!!!!

  19. AsSalamu Alaikum, pak, mw nany ttg pnyakit “DM”. Saat ini bpk lagi menderita pnyakit tersebut, pernah sih aku dapat info dari salah seorang warga sewaktu mendaki ktX air aren (Air aren yang diolah sebelum menjadi gula merah) dpt menyembuhkan penyakit tsb, aku srh bpk coba u/ minum setelah minum badanya langsung lemas dan tdk bisa berbuat apa2.Apa benar air aren tsb dpt mymbuhkan?
    Makasih Sebelumnya.

    • ardhie, asswrwb, setahu saya air itu kadar karbohidratnya tinggi, sama dengan gula, secara logika ya berbahaya…
      Diet penderita DM adalah diet RENDAH KALORI, bukan tinggi kalori…
      Diartikel saya sudah dijelaskan apa obat herbalnya. silahkan baca…

  20. makasi om infonya

  21. sy penderita dm yg sudah kira 1 tahun . kadar gula darah saya antara 200-sampai 260 sangat susah untuk turun. sy sudah banayk melakukan terapi seperti sedot lintah sengat lebah terapi urut sarap dan jalan pagi jemur matahari. selain itu apalagi usaha atau cara yang dapat menyembuhkan pankreas

    mohon pencerahan pak
    tx

    • sudiharjo, asswrwb….kadar gula antara 200-260 memang sudah tidak normal, tapi belum terlalu berbahaya…
      Coba anda lakukan terapi sesuai petunjuk saya diblog ini, kalau anda sudah mengikutinya dengan disiplin dan serius, tapi belum mau turun juga, berarti ada yang salah dam Pola Pikir anda…
      Coba anda baca artikel saya tentang merubah pikiran negatif menjadi pikiran positif dalam blog ini. Anda harus secara disiplin melakukan pola pikir positif, karena sesbenarnya semua penyakit ditarik oleh pikiran negatif kita sendiri….kalau kita secara konsisten selalu melakukan pikiran posotif, maka kita akan terhindar dari semua jenis penyakit apapun…!!!

  22. pak’, bagai mna cra penyembuhan bagi orang yang gla drah ny 400 ?
    .apakah itu berbahaya sekali ? dan apa dampak nya yg akan terjadi kepda si penderita ?

    .di repp iah pak ‘ .
    :)

    • dwi, asswrwb…kalau tes gula darahnya sudah 400, sangat berbahaya…normalnya kalau 2 jam sesudah buka puasa adalah 120, kalau dalam puasa 80-120…..
      Kalau pakai metoda acak, sesudah makan bebas, maksimal tidak boleh lebih dari 200 saja…
      Kalau sudah 400 sebaiknya berobat kedokter spesialis saja agar lebih aman…
      Kalau dibiarkan tidak segera diobati, maka yang akan terserang adalah mata, otak, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, ginjal, paru paru, lever dll lagi…Karena itu Diabetes Melitus disebut “Mother of Deseases/Ibu dari semua penyakit”..

  23. mamah sya kena komplikasi .
    bgaimana cara mengatasinya ?

  24. Salam sejahtera mas tirta, saya baru saja terkena DM.. Saya merasakan gejala2nya sperti haus dan kencing yg berlebihan.. Dan begitu tau saya sangat terganggu memikirkannya..
    saya baru saja membaca tulisan mas, dan saya mau tanya2 mengenai suplemen herbal dan suplemen omega3 itu yg seperti apa yg seharusnya saya dptkan? Dimana juga mencarinya?
    Dan apakah sebaiknya saya konsultasi dulu dengan dokter?

    Saya masih muda dan belum berkeluarga, sekitar 26 tahun, dan saya tdk tega memberitahu orangtua saya takut mereka shock..
    Terus mengenai istri mas yg sudah sembuh, ini sudah sembuh total dan tdk ada gejala2nya lagi?

    Terima kasih banyak mas, ditunggu balasannya

  25. pak aq mw nnya ..
    ibu saya kalo kencing warna.a kuning ..
    itu benar kena penyakit diabetes/gejala ????

    • fifi, asswrwb…kalau warna kuning sekali itu tanda gegala sakit lever/sakit kuning….kalau diabetes cirinya air kencingnya kalau tercecer akan dikerubungi semut…dikamar mandi akan banyak semutnya…
      Sebaiknya periksa dokter aja deh biar aman…

  26. Saya wanita berusia 19 tahun, saya terkena penyakit diabetes, kata Dokter faktor keturunan. Makanan apa saja yang diperbolehkan ? serta yang menjadi pantangan?

  27. assalamu’alaikum….

    pak,, buahpa saja yang harusdi konsumsi penderita DM?????

  28. pak ,sy sedang dalam perawatan penyakit gula.skr gula sy bisa dikatakan normal tapi sy ingin sembuh total.yg ingin sy tanyakan jenis makanan apa yg baik utk sy konsumsi disiang hari?

    • Agus Gunawan, asswrwb…utk sembuh total, maka anda harus mengobati fungsi Pankreas anda sampai pulih kembali, bukan hanya sejkedar hasil lab ukuran gula darah anda saja yang normal { 80 puasa, 120 setelah 2 jam makan…)..
      Utk mengobati pankreas anda agar mampu memproduksi insuline yang akan memproses glucosa menjadi glukogen/enerji, anda harus makan kentang, buah buahan dan sayuran segar, ikan laut beromega 3, vitamin mengandung omega 3/minyak ikan . salmon omega 3, multi vitamineral, …
      Anda harus pantang makanan yang berkalori tinggi seperti nasi, lemak, minyak, daging kambing, jerohan, melinjo, emping, sirop, gula dan sejenisnya…

  29. Akhirnya semua penyakit dapat disembuhkan

    liat di

    http://www.facebook.com/album.php?aid=24330&id=100000009210987&saved

  30. saya mau bertanya pak
    ibu saya menderita DM
    brapa besar kemungkinan saya terkena penykit tersebut?
    Krna mgingat ini adalah penyakit genetik
    bgaimana pencegahany agar saya terhindar dari penyakit tersebut?
    Apakah saya baikny melakukan hal yg sama seperti saran anda?
    Olahrga,diet rndh kalori, dan mgkonsumsi omga 3?

  31. saya,.,. pegen memesan buku,.,.
    fower you men,. atu buku fower Of Men di Mana saya Mencari nya Atu memesan nya,., ? ? ? ?

  32. pak . . . bantu saya pak . . .
    ayah saya gula darahnya melampaui batas smpai 800an pak . . .
    gmna za pak ngbatinya????
    cz dya yg jd tulang pnggung kluarga pak , ,gmana pak crany???bntu saya. . . klo bsa kirim k email saya
    zadarputa@yahoo.com
    maksih z pak jka anda mw membantu saya . . .

    • jojo, asswrwb…saya ikut prihatin dengan penyakit ayah anda….
      Cara pengobatan:
      Kalu sudah sampai 800, apalagi kalau sudah lam, berati sudah tingkat parah, maka perlu tindakan cepat dari seorang Dokter Spesialis pengakit itu, untuk segera menurunkan kadar gula darahnya yang akan membahayakan mata, otak, ginjal, jantung, paru paru dan impotensi. Biasanya dengan pemberian suntikan insulin secara intensif, biar dokter yang tahu pasti.
      Kalau itu sudah dilakukan, untuk penyembuhan total, bisa pergi ke pengobatan alternatif misalnya sinse atau mereka yang sudah terbukti keampuhannya.
      Ditempat saya, di Ciluar Bogor ada seorang sinse yang ahli mengobati Diabetes tanpa obat kimiawi, pake pijat refleksi dan herbal, namanya pak Ngadimo,kalau berminat, silahkan tulis diblog ini…pasien saya yang ternyata mengidap diabetes tersembunyi, saya salurkan kebeliau…tarifnya murah meriah…
      Saya hanya teraphy Pikirannya saja….

      • Mohon info Sinse Bogor nya pak?
        berikut no telp yg bs di hubungi.

        Terimakasih

  33. bpk…mohon infonya…

    saya punya adik kandung,cewek,cantik he3x.. yang baru duduk di bangku SD kelas6,setelah berbaring sakit 4 harian,dikiranya sakit biasa, akhirnya dibawa kedokter dan positif DM,,dan kata p.dokter obatnya hanya1 yaitu insulin,,
    melihat tidak tega ditusuk sijarum mungil2x sehari sekeluarga memutuskan tuk dibawa ke pengobatan alternatif dan berjalan sekitar 2 bulanan, alhasil malah adik saya kejang,& tidak sadarkan diri,pernah mencapai Hi 800,600,untung masih bisa selamat,, akhirnya kembali ke insulin,
    saat ini adik saya udah 1 tahun lebih menderita sakit DM…

    yang jadi pertanyaan saya :
    . apakah kelenjar pankreas yang rusak itu bisa disembuhkan pada usia dini?dengan obat yang alami atau kimia?

    . apakah ada yang pernah berhasil pada obat2an kimia?

    . jika penggunaan insulin terus menerus 2-3 tahun apakah akan menjadi tambah tidak berfungsinya pankreas?

    . mohon informasinya bapak dan saya berterimakasih jawabannya…

    • ajeeb,asswrwb…saya prihatin mendengar penderitaan adik anda…
      Memang benar pada umumnya penderita DM akan disuntik insuline, karena pankreasnya tidak bisa memproduksi insuline sesuai kebutuhan tubuh.
      Tapi untuk menyembuhkan DM secara tuntas. organ pankkreasnya harus disembuhkan agar bisa berfungsi kembali memproduksi insuline yang dibutuhkan….
      Penyembuhan metoda Hollistik akan lebih ampuh dari pengobatan kimiawi/alopaty saja. Tapi kalau pilih pengobatan alternatif harus hati hati, karena banyak yang iklannya saja yang hebat, kenyataannya payah…
      Sebaiknya beli majalah dan buku ilmu kesehatan yang membahas tentang penyakit DM secara mendalam, banyak sekali asal mau cari dan usaha, jangan salah pilih dokter ataupun alternatif….
      Pengbatan kimia saja setahu saya tidak menyembuhkan penyakitnya, tidak menyembuhkan pankreasnya, hanya menekan kadar gula darah utk sementara wakt saja…kalau berhenti minum obatnya ya kumat lagi….

      • assalamu’alaikum…
        pngobatan ‘hollistik’ apakah berarti pengobatan jiwa dan raga??
        . ya memang semenjak bbrapa bulan yang lalu adik saya mengalami perubahan pskologinya, yang saya maksud sukar mengendalikan diri, dy mudah emosi,kayak sesuka suasana hatinya gt, jika senang apapun yang diperintah ibu dilaksanakan, tapi klo sebaliknya wah bingung semua serumah ga ada yang bisa nenangin nagisnya…

        . mencari pengobatan hollistik dimana bapak??sy tertarik itu

      • ajeeb, tentang pengobatan holistik, saya sudah tulis artikelnya dalam blog ini, silahkan baca.
        Holistik artinya: obyek penyembuhannya menyeluruh, yaitu pikiran, perasaan, fisik…obatnya sendiri juga campuran, yaitu enerji kehidupan.chi/adisadar, herbal dan sedikit kimiawi, sesuai kebutuhan…
        Kalau mau tahu yang baik, silahkan browsing di internet situs penyembuha holistik yang banyak menggunakan obat herbal modern, silahkan pilih yang baik….
        Saya sendiri puya tetangga, seorang sinse dengan kemampuan pijit refleksi dan herbal yang baik, alamatnya: Bapak Ngadimo, jl Mandala Raya ciluar Bogor, saya tahu dia sinse yang baik….

  34. malam ini saya mencoba mencari tahu apakah ciri2 diabetes tersebut dan bagaimana pengobatannya.
    saya saat ini berusia 27 tahun.
    yang ingin saya tanyakan apakah saya menderita Juvenile Diabetes atau Diabetes Mellitus ???

    karena semua ciri dibawah ini yang selalu saya rasakan.
    – sering mengantuk (tapi saya sering bergadang)
    – sering merasakan lelah atau lemas
    – penglihatan saya kabur/suka tidak jelas
    – gatal2 pada kulit diseluruh tubuh,yang menimbulkan bentol2 (kecuali alat vital)
    -pada malam hari saya sering sekali merasa panas dan nyeri di bagian punggung (sehingga membuat saya sering tidur dilantai)
    -saya jarang berhubungan intim dengan pasangan saya (napsu sex saya berkurang)
    -kadang kuping saya suka berdenging
    -akhir2 ini sering sekali makan/minu berlebihan
    -agak susah untuk BAB

    yang saya khawatirkan,ini adalah ciri2 Diabetes,dan bagaimana cara agar saya bisa terbebas dari Diabetes???
    tetapi untuk keseharian saya kadang tidak ada gangguan apa2,layaknya orang yang sehat dan segar bugar.
    saya sangat membutuhkan info lanjutannya pak.
    terima kasih pak Tirta.

    ps:saya sering sekali berolah raga dipagi hari (jalan/lari pagi)

    • aldo, asswrwb, kalau melihat gejala yang anda alami, memang sebagian besar ciri dari sakit DM….tapi akan lebih akurat dan bijaksana kalau anda periksakan kadar gula darah anada ke Laboratorium, atau ketempat /outlet pemeriksaan gula darah di mal….
      Saya akan tuliskan lagi ttg penyakit DM agar anda lebih mengerti…

      • ass pak say ingin nnya nhe
        ibu saya sudah trkena penyakit gula slma 5 tahun yang lalu
        ibu saya sekarang berusia 44 tahun
        kmaren pernah gula ibu saya 600an trus timbul tiba tiba luka yang besar dan sulit sembuh selain itu bau dan berair
        kira kira 1 luka bisa smbuh setelah 4 bulan

        bangai mana cara menyembuh kan ibu saya? dan emang keluarga saya keturunan gula pak

      • nelly, asswrwb, sebaiknya ibu anda tetap berobat ke dokter ahlinya dulu, karena sudah amat parah, untuk pencegahan dan perwatan, silahkan baca diblog ini. lengkap….

  35. assalamualaikum…
    terimakasih banyak infonya bpk,,,
    oiya barusan ini saya denger dari saudara jauh katanya pasien disarankan mengkonsumsi obat propolis (sejenis obat alami dari sarang lebah) katanya bisa memperbaiki jaringan atau sel yang rusak..
    apakah penggunaan propolis tidak apa-apa bpk,,? padahal dokter melarang mengkonsumsi madu…
    trimakasih..

  36. ass pak ibu sy sdh mengalami operasi akibat diabetnya sekarang sdh menginjak 1 mg tpapi tak ada perubahan malah memburuk blhkan saya mt saran apa myg mesti sy lakukan bekas operasinya menimbulkan bau busuk

  37. Ass..
    Saya mau mnta tlng mamah sya terkna DM,sudah lma,,

    Sudah diobati tetapi tetap saja..
    Kadang” tuh kadar gula’y smpai 300-400..
    Bagaimna ya cra mngobati agar smbuh total…

    • afriani, asswrwb, tolong dibaca dan pelajari Bengkel Pikiran….
      Mereka yang Pikirannya masih Negatif penyakitnya pasti akan kambuh lagi….karena pikiran negatif itulah yang menarik semua penyakit dan musibah setiap orang…

  38. Ass…..
    sy mau mnt tlg,ibu saya trkna diabetes sdh lm,dan terkdng gula darahnya smpai 380.dan ckrng orang e tu terkena penyakit bisul.sdh di obati,tp blm smbh smbh jg,,,,
    ap penyakit bisul itu jg ada kaitannya dg diabetes ibuku td???
    Dan bgmn cra untk mengatasinya???

    • rini, asswrwb…kalau betul masih baru 380, belum terlalu parah asal kondisi lainnya stabil…parah kalau sudah diatas 400 an…apalagi kalau komplikasai dengan bisul, gangren, mata, otak dll…tapi tetap harus segera dikendalikan…
      Saya sudah berulang kali bahas diblog, silahkan baca ulang..
      Tambahan dari saya sekarang, coba konsumsi obat Herbal Propolis, Air Liur Lebah Produk dari Melia Nature, silahkan cari di internet….saya sendiri konsumsi Propolis untuk pencegahan dan perwatan kesehatan saya….sangat bagus…
      O ya, bisul memang ada kaitan dengan DB…obati dengan serius komplikasi ini…!!!

  39. pak saya mau nanya…
    saya baru berumur 18thn,,dan saya sdh memiliki ciri2 DM itu,tp tdk smuanya…jd saya mau minta saran bgmn cara mencegahnya sebelum saya positif mengidap penyakit DM itu…???saya berharap TIDAK akan terjadi…jd mohon sarannya pak…
    thx b4…

    • kausar, asswrwb….karena anda masih sangat muda dan sudah mulai mempunyai gejala DB, sebaiknya anda segera periksa Dokter spesialisnya, sekaligus periksa darah lengkap ke Laboratorium, agar ada kepastian secara medis…anda bisa kirim hasil Lab ke blog ini utk saya bahas…
      Untuk perawatan dan penyembuhan alami, sebaiknya anda masuk menjadi anggota pengguna obat alami Propolis Melia Nature, yaitu supelment/obat herbal produk Melia Nature yang berasal dari Air Liur Lebah, yang ada didalam Al Quran….sangan manjur utk semua jenis penyakit ringan sampai berat, termasuk DB…
      Saya endiri utk pencegahan dan pelihara kesehatan menkonsumsi Propolish…sangat manjur…asal ikut aturan minumnya…

  40. wss.wr.wb…
    terima kasih atas sarannya…
    btw dmn saya bs mndptkan suplement/obat herbal produk Melia Nature yang berasal dari Air Liur Lebah itu pak???
    apakah di BJM sini jg ada???
    soalnya saya org BJM…

  41. asskum
    pak saya rinny
    saya ingin bertnya apa makan makanan sayur dapat mencegah timbulnya deabetes?
    padahal selama ini saya kalo disruh mkan syur sangat sulit sekali dan jarang berolahraga
    saya suka minum minuman yg manis2. bahkan minum air ptih aja jarang.
    apa ini dapat menimbulkan penyakit deabetes?

    • rinny, asswrwb, betul, makan buah buahan dan sayuran segar, akan mencegah timbulnya berbagai penyakit, termasuk diabetes…
      Sayuran dan buah buahan segar adalah mengandung “Enzim” yang sangat bermanfaat bagi proses metabolisme tubuh…
      Diabetes disebabkan organ pankreasnya tak berfungsi dengan baik, tak bisa memproduksi insulin yang dibutuhkan memproses gula menjadi glukogen/enerji…
      Jadi agar tak terkena diabetes, pankreasnya harus dirawat dengan baik, dengan banyak makan sayuran dan buah segar….juga omega 3 yang ada dalam minyak ikan…

      • pak saya mau tanya masalah peyakit diabetes masalah ini sebenarnya masalah orangtua saya .pak yg ingin saya tanya kan adalah bagai mana cara pengobatan diya betes yg bisa / dapat meyembuh kan peyakit tersebut .atas bantuwan bapak saya ucapkan terimah kasih

  42. Ass Wr Wb Bpk Nurhana Tirtaamijaya

    Luar biasa blog Bapak ini !!! Seharusnya memang harus jadi buku nih ….
    Saya baru tau & baca blog ini, dan langsung tertarik dengan isi serta materinya. Sayang jg kok gak tau dari dulu.

    Saya ingin tanya apakah olahraga yang tidak terkena sinar matahari masih memberi efek terhadap pankreas ? Bagaimana jika olahraga tersebut berupa senam pernapasan, yang saat latihannya pada malam hari ? Apakah berpengaruh juga ?
    Trima kasih sharing Bapak. Saya tunggu selanjutnya…

    • rachmat wihartanto, asswrwb, trims atas apresiasinya…
      Tidak ada salahnya melakukan olah raga pernafasan dimalam hari, asal hati hati kalau selesai berlatih dan keluar keringat, segera ganti kaos dan bajunya dengan yang kering, jangan sampai walau basah kuyup dengan keringat tetap dipakai tak diganti, kalau terkena angin malam yang dingin bisa merusak paru paru anda…
      Senam pernafasan yang baik dan benar akan memperkuat paru paru, jantung dan memperlancar peredaran darah anda, yang juga berpengaruh baik terhadap metabolisme tubuh anda, metabolisme yang baik akan berpengaruh pada penyembuhan Pankreas anda….
      Anda akan lebih baik dan bijaksana kalau melakukan olahraga pernafasan pada pagihari sekitar jam 6-8 pagi, seperti yang dilakukan para praktisi “Olah Raga Senam Pernafasan” ataupun “Senam Jantung Sehat…”, karena pada saat itulah Far Infra Red yang sangat baik untuk memperlancar proses metabolisme tubuh manusia sedang berada pada periode yang sangat efektif….
      Diatas jam 8 pagi sudah keluar Sinar Ultra Violet yang ada efek negatifnya, walau juga bermanfaat utk pembentukan vit D dalam tubuh manusia…
      Saya sendiri sering melakukan olah raga fisik dan pernafasan malam hari, kalau keadaan memang memaksa….tapi olah raga dibawah matahari pagi saya lakukan seumur hidup saya secara rutin….setiap hari minimal satu jam…

  43. Assalamualaikum wr wb, pak.
    saya, dita. ayah saya adalah penderita diabetes, terakhir kali cek darah kira2 250. dan kemarin ketika, kaki ayah saya luka, lukanya sukar sembuh pak.
    saya dan ibu saya sudah berusaha untuk memperbaiki pola makannya pak, tapi ayah saya ini bandel, beliau cuma beberapa saat saja melakukan diet, setelah itu kembali seperti semula mengkonsumsi karbo berlebihan. yang ingin saya tanyakan pak, gimana caranya agar ayah saya mau kembali ikut diet dan penyembuhan DM yang beliau derita? terima kasih pak sebelumnya

    • dita, asswrwb, kalau bisa ayah anda diajak baca artikel diblog saya yang terkait, terutama yang berjudul: “Bengkel Pikiran”….
      Karena ayah anda sudah cukup berumur, maka sebaiknya dibujuk aja dan jangan dimarahin, nanti tersinggung…

  44. ass…..
    tante saya pnderita DM sdh lma tp blm smbuh jg pdhl sdh mncoba brobat k dokter & alternatif, berbagai ramuan yg katanya bsa mnyebuhkan DM sdh d cba ttpi hasilnya nihil. skrg pengelihatan tante saya sdh mulai kabur, jd sbaiknya apalagi yg harus kami lakukan supaya tante saya bisa sembuh pak???
    mhon sarannya.
    trim’s

    • yantie, asswrwb, penyakit DM adalah penyakit yang sedang trend sekarang ini, akibat pikiran negatif dan pola hidup/life syle yang salah…
      Ada DM berasal penyakit keturunan/genetis, ada DM yang karena murni pikiran negatif dan life style yang salah…
      Mayoritas adalah yang type pikran negatif dan life style yang salah…
      Cara mengobatinya sudah saya bahas dalam blog ini, silahkan cari dan pelajari…
      Yang pasti adalah pikirannya harus diubah jadi positif dan lifestylenya ( pola pikir, pola makan, pola olah raga ) harus diperbaiki…

  45. ok…
    terima kasih pak….
    wass…

  46. Ass. Wr. Wb …hari ini saya lagi browsing mencari pengobatan utk diabetes. Dan sampailah di blog bapak …saya salut dengan jenjang karir bapak yang luar biasa dan sepertinya membutuhkan energi yang luar biasa utk mengerjakan semuanya . kesuksesan yang merata disemua lini baik kehidupan dunia dan persiapan menuju akhirat. semoga kami yg muda bisa meniru jejak langkah bapak …salam hormat…

  47. Ass. Pak mohn bntuanya ibu saya pendrita DM berserta darah tinggi brp tahun yg lalu jari kak

  48. assalamu’alaikum pak…
    maaf ganggu, saya mau nanya ciri-ciri pankreas rusak apa sih?
    bisa disembuhin ga?
    caranya gimana “menyehatkan” kembali si pankreas trsebut
    terima kasih

    • adnan, asswrwb, kalau pankreas rusak, ginjal tak bisa memproduksi insulin yang fungsinya memproses gula dalam darah menjadi enerji yang diperlukan tubuh, akibatnya kadar gula dalam darah akan meningkat dan menimbulkan penyakit Diabetes Melitus/kencing manis..
      cirinya, air kencingnya manis sehingga air kencing dikamar mandi akan dikerubungi semut, tubuh lemas, kadar gula darah tinggi, kalau luka susah sembuhnya, ngantukan, sering haus, sering kencing tengah malam, sering bangun buat kencing…kalau sudah parah akan menjadi impoten, mata rusak, pikun, gagal ginjal dan harus cuci darah terus…
      Sangat sulit disembuhkan total, biasanya hanya bisa dikontrol/diterapy agar kadar gula darahnya tetap normal dengan cara dieet, olah raga, minum obat….hampir tak pernah ada yang bisa sembuh normal 100%, kecuali sangat disiplin dalam kontrol pola hidup sehat…
      Kalau mau lebih jelas, baca artikel Diabetes Melitus versi bahasa Inggris dalam blog ini, lengkap isinya..

  49. kakak saya kadar gulanya 250-300an tetapi sudah disuntik insulin apakah tidak sebaiknya minum obat dulu pak ?terima kasih.

    • pratiwi, asswrwb, insulin baik digunakan utk keadaan darurat saja, karena kalau dilakukan secara rutin, pankreasnya jadi tak berfungsi lagi, akhirnya tambah parah…
      Demikian juga minum obat kimiawi, hanya dalam keadaan darurat saja…
      Sebaiknya kadar gula darah dikontrol dengan diet makanan sehat yang ketat, olahraga yang rutin, makan minum supelmen yang mengandung omega 3 dan melakukan perbaikan cara berpikir, dari negatif ke positif, lihat di artikel Bengkel Pikiran di blog ini…

  50. Ass. .. WWB. Saya Pria Usia 40 th menderita diabet kurang lebih 1 tahun yang lalu, dua hariyang lalu gula darah mencapai 417 dan saya sudah berobat ke dokter, yang ingin saya tanyakan 1. Apakah saya bisa sembuh secara total? 2. Bagaimanakah caranya? Wass… WWB

    Terima kasih

    • anto, asswrwb, diabetes melitus tak bisa sembuh total, tapi hanya bisa dikontrol dengan diet makan dan minum yang ketat, olahraga rutin setiap hari sekitar 1 jam dibawah sinar matahari pagi antara jam 6-8 pagi, minum jamu herbal yang banyak dijual di Meliana Care dll, sebaiknya juga rutin terapy Ceragem atau Medic 9000…m

      • Ass.. WWB. Salam Hormat,

        Terima kasih Pak Nurhana atas responnya yang baik, masih ada yang perlu saya tanyakan lebih semoga Bapak tidak bosan dengan pertanyaan saya selanjutnya, mohon pentunjuknya sebaiknya olahraga apa yang harus saya lakukan mengingat saya harus berangkat kerja jam 7 pagi setiap hari dan sampai di rumah jam 6 sore kecuali hari Sabtu dan Minggu. Olah raga joging biasaya saya lakukan kurang lebih seminggu 2-3 x, hari biasa saya lakukan setelah sholat subuh dan Sabtu/Minggu saya lakukan jam 7-8 pagi. Namun berjalan dua bualn terakhir ini badan saya terasa nggak enak (karena flu) sehingga saya tidak berolah raga.

        Semoga amal baik Bapak mendapatkan imbalan yang berlimpah dari Allah SWT .

        Demikian yang saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

        Warm Regards,
        Wass… WWB

  51. pak saya adalah orang yang baru saja terkena penyakit dibets saya sebetulnya belum tau pasti karena belum saya periksakan tapi apakah jika keputihan saya sampai di kerubung semut apakah itu juga ada tanda2 terkena diabets?

    • avita, asswrwb, gejala tsb memang gejala sakit kencing manis….utk ebih yakin, periksa darahnya di laboratorium…

      • Assalamualaikum pak, bpk sy sdh hampir 16 th menderita DM, sayangnya awal dia terkena penyakit tsb, tdk rajin berolah raga dan diet tdk teratur, pengetahuan kami pun kurang ttg penanganan penyakit tsb. beberapa th ini, gula darah bpk saya bagus (saya lupa brp), tp lambat laun muncul keluhan penyakit lainnya (yg sy tau belakangan bahwa DM akan menyebar menyebabkan penyakit lain). penyakit lain itu seperti stroke ringan (2 th lalu), tekanan darah tinggi (sebulan lalu), mata yg mulai rabun, kaki yg baal. kadar kolesterol tinggi, dan yg saat ini sangat mengganggu sekali batuk yg tdk kunjung sembuh serta perutnya yg kembung, padahal sudah 2 kali dirawat(sy menulis ini bpk sy sedang dirawat) dan kaki yg bengkak sudah hampir 4 bulan, padahal kaki bengkaknya bisa sembuh kalo meminum obat. hal ini mengakibatkan ibu sy berpikir apakah ada orng yg telah berbuat tdk baik thdp bpk sy, kebetulan bpk sy orng nya kalo ngomong memang rada sombong takutnya menyinggung perasaan orng, terlebih bpk sy tdk pernah sholat, setiap diingatkan selalu keras menolak, kadang malah tjd pertengkaran akibat membahas masalah sholat ini. bpk sy adalah mualaf, jd islamnya ya hanya ktp, walau dia sebnrnya cerdas, tp keras. mohon sy diberikan masukan oleh bpk, stlh membca ampuhnya 5 surat di Al Quran untuk menyembuhkan penyakit, sy ingin mencobanya, krn siapa lg yg akan mendoakan org tuanya kalo bukan anaknya, tp bgmn dgn bapak sy , apakah untuk membaca surat2 tsb hrs org yang sakit atau bisa org lain. mohon penjelasannya pak .trima kasih banyak.Wassalamualaikum wr wb

      • ayuningtyas, asswrwb, ikut prihatin atas musibah ayah anda…
        Semua musibah, sakit, kecelakaan, rezeki, berkah sebenarnya ditarik oleh pikiran masing masing manusia, bukan oleh akibat orang lain…..merupakan hasil dari Hukum Sebab Akibat dan Hukum Ketertarikan/The Secret….
        Jadi yang harus dilakukan ayah anda adalah: bertobat, bersukur, berpikiran positif…disamping melakukan pengobatan secara intensif ke orang yang ahli dibidangnya….
        Membaca cerita anda, ayah anda menderita berbagai penyakit yang merupakan ekses dari penyakit DM yang tidak diobati secara baik dan benar….sudah komplikasi kemana mana….
        Obat yang intensif pada ahlinya, sebab kalau terlambat, akan terganggu fungsi ginjalnya dan harus cuci darah..
        Kalau berminat ke alternatif, datangi shinse/tabib Ngadimo di Ciluar Bogor….

  52. Sy baru saja berbincang2 dgn teman sy mengenai DM karna sy sedang mengalami borok yg belum sembuh (sudah hampir 1 bulan). Dan bukan kebetulan kalo sy menemui blog bapak ini. Dalam kesempatan ini, sy ingin bertanya, apakah sy memiliki potensi DM atas borok sy ini yg letaknya dibagian kaki dibawah lutut (depan tulang kering). Lalu, apakah apabila sudah menderita DM berarti pankreasnya sudah tidak berfungsi atau masih ada harapan? Umur sy 28 tahun. Memang sy gemar sekali minum dan makan yg manis2, tp setelah mengalami hal ini sy menjadi takut thd makan n minuman manis. Atas responnya terima kasih.

  53. assalamuallaikum wr wb bpk.saya senang sekali bs mendapatkann dan membaca blog ini karna saya sangat kuatir terhadap kesehatan ibunda saya,kebetulan bukan saya sendiri yg merawat beliau karna saya harus hidup berjauhan dan saat ini beliau bersama kakak,ibu saya terkena penyakit gula dan beliau sangat malas berolah raga,saat ini kaki beliau kena luka dan melepuh di pergelangan kaki kulitnya sampai keliatan merahnya,saya tdk tega untuk melihat keadaan beliau,beberapa kali saya menemui perawat yg biasa org2 dikampung berobat tp di angkat tangan ttg penyakit ibu saya,kira2 ramuan apa yg bs menyembuhkan luka2nya/setidaknya bs mengering!!saya tunggu balasannya secepatnya,mksh wassalam

  54. Bapak yg baik. nama saya jenny kebetulan tahun 2010 saya kena strok ringan karna penjakit yg saya derita seperti, darah tinggi,kolestrol, diabetes, dan pada saat itu kadar gula saya mencapai 280. yg saya mau tanya kepada bapak apa penjakit gula ini susah di sembuhkan……???? dan apakah penjakit gula ini kaki selalu bengkak dan sakit untuk di sentuh kulitnya….????? tolong penjelasan Bapak……sebelum dan sesudah saya ucapkan trims.

  55. ass. wr.wb
    om saya sekarang sedang menderita DM solusinya itu kaya gmn ????
    mksh saya tunggu balasan secepatnya

  56. pak, saya berusia 41 tahun ketahuan DM ketika usia 27 thn saat itu gula darah normal 400 sekarangpun masih sama 400 saya sudah berobat acupuntur, mengkonsumsi propollis 15 tetes x 2 sehari, namun masih makan nasi dua kali dalam sehari dengan porsi 2oo gram karena kesulitan dapat makanan pengganti nasi .badan saya lemas dan mudah merasa tidak nyaman .bisakah DM sembuh total?kalau dokter mengatakan tidak bisa sembuh tapi hanya bisa menekan sedang agama saya mengatakan tiada penyakit yang tidak bisa disembuhkan.bagaimana menurut pengalaman bapak?terimakasih semoga jadi amal sholeh Bapak.

    • muhamad soleh, asswrwb, kalau sudah 400 penyakitnya sudah berbahaya, bisa merusak mata, otak, impotensi, apalagi sudah berlangsung beberapa tahun…
      Menurut pengalaman isteri saya yang pernah mencapai 400 walau hanya beberapa hari saja, bukan menahun, agar bisa terkendali caranya sbb:
      1. Setiap hari harus olah raga jalan kaki/joging minimal satu jam antara jam 6-8 pagi dibawah sinar matahari pagi…
      2. Minum propolis 10 tetes dicampur segelas air putih, 3 kali sehari, terus menerus…
      3. Minum jamu godogan herbal daun sirsak rutin setiap hari 3 gelas.
      4. Minum jamu herbal teh anti diabetes rutin setiap hari 3 gelas..
      5. Kurangi makan nasi, perbanyak kentang, buncis…
      6. Tidak minum obat kimia dari dokter sama sekali, karena itu racun…
      Sekarang darahnya sudah sekitar 200 an, hidup normal..
      Yang paling penting pikiran jangan sampai stress..

  57. Saya wanita, usia 30th, tinggi bdn 155cm, berat bdn skr 36kg,rata2 berat bdn sebelumnya 40kg. Baru 10 bln menikah. Hubungan dgn suami tdk ada masalah. Menderita DM baru 4bln disebabkan pikiran negatif, kurang olah raga ϑαņ pola makan yang buruk. Sekarang saya sudah mulai mengontrol pikiran agar senantiasa berpikir positif, merutinkan olahraga renang tiap jam 5.30-6.00 pgi, sesekali yoga ϑαņ pijat refleksi. Yg ingin sy tanyakan, pola makan yg sesuai untuk saya apa? Perlukah mengkonsumsi produk herballife? Apakah berat badan saya bisa bertambah dgn mengkonsumsi kentang, sayur ϑαņ buah segar saja? Pengaturan porsinya bgmn? Multifitamin yg tinggi omega 3 selain minyak ikan contohnya apa ? Bolehkah mengkonsumsi produk vit C everfescent dosis tinggi? Mohon pengarahannya, Terimakasih..

  58. klo olahraganya tidak rutin setiap pagi hari, gman ? contoh badminton yang hanya satu miggu 2 – 3 kali. apa bisa mencegah juga ?
    trimakasih

  59. Asswrwb, Bapak. Sebelum kena DM berat/tinggi badan saya 40/155. Sekarang, ketika menderita DM berat saya jadi 36. berenang 4xseminggu. Untuk upaya pemulihan, porsi kentang, omega 3, sayur&buah segar sebaiknya seberapa? Terimakasih atas info&respon dari Bapak.

  60. Asslkm,,,pak saya punya keluhan tentang ibu saya sudah hampir 1 thn manderita DM
    di periksa 230, sekitar 3 bulan kemri di periksa sudah normal 120,ibu saya mekonsumsi biji mahoni,,,tapi 1minngu kemarin naiklahi 239, di periksalagi malah naik jadi 398.tolong pak bantu saya
    1.Apa makan yg harus dimakan dan yg dilarang ?
    2.pengobatannya bagaimana ?
    Terimakasih,,

  61. pak saya berumur 27 tahun,,dan kebetulan ibu saya penderita DM..dan beberapa bulan yg lalu hbs menjalani perawatn luka amputasi kaki..karena DM..yg saya tanyakan saya sudah cek darah dan ternyata hasilnya sngt mengkhawatirkan yaitu 290..berarti sy udh positif terkena DM pak ya :(..apakah sy msh bs sembuh total dan tolong kasih tau pengobatan dan pencegahannya..terima kasih pak..

  62. Pak tirta ibu saya terkna pnyakit gula kadarnya 280 cara mengobatinya gmna pa..??

  63. Sangat bermanfaat terimakasih, tapi kalau boleh tahu suplemen apa yang beredar dipasaran yang banyak mengandung minyak omega3?

  64. pak saya mau tanya gejala yang paling awal sekali dari penyakit DM ini apa?

    • Asri, asswrwb, gejala paling awal adalah kalau malam hari sering ingin kencing secara berlebihan, air kencing dikerubungi semut karena manis, kalau pagi hari sekitar jam 10 pagi suka ngantukan, badan lemas, nafsu makan berlebihan, suka kesemutan, kalau luka susah sembuhnya, ujung jempol kaki pada bengkak dan sakit, kalau laki laki menjadi impoten..dll banyak lagi…

  65. Pa Tirta, trimakasih informasinya. Kebetulan kakak laki-laki saya mengidap diabet dan selalu berobat ke dokter sebulan sekali dan mengkonsumsi obat-obatan. Kakak saya divonis diabet awal tahu 2011, gula darah sesudah puasa sekitar 250 kadang 300. Setelah membaca blog Pa Tirta, saya insyaAllah akan langsung membawa ke sinse yang pa Tirta maksud. Kalau boleh saya minta alamat lengkap dan contact sinse nya melalui alamat email saya dan contact pa Tirta. Trimakasih.

    • pinky, asswrwb, nanti saya cari no HPnya dan akan saya posting di blog saya ini, utk keperluan yang berminat…

  66. ass. pak saya minta tlog,,,ibu saya pnyakit diabetes trus blan lalu kakinya itu luka kena pacul.. trus skrg kakinya ngg sembuh2 malah tamba parah padahal ibu saya sudah memakai obat khusus luka it.. yang baiknya cara pengobatan itu pakai apa ya pak??

    • Asswrwb,kalu sudah parah,sebaiknyaberobat kedokter spesialisnya dulu,tapi sebaiknya pergi kedua dokter,utk second opinion…kalauuntukmencegah agar takkambuh lagi,sudah saya tulis diblog…silahkan baca…sudah berulang kali saya tulis…

  67. assalamualaikumwrwb, pak nanama saya arif umur saya 38 saya dari surabaya Trigliseryd saya sangat tinngi lbh dr 600.dan akhir akhir ini kadargula saya naik sampai 330 tp setelah saya diet jadi turun 260 dan saya pernag keluar batu ginjal obat herbal apa yg cocok dengan saya, mohon petunjuk bapak. trims

  68. Ass…Pak saya wanita berumur 19 thun,ayah dan ibu saya memang tdk trkena penyakit DM,berat badannya pun terbilang tdk gemuk, namun kakak2 dari ibu saya ada beberapa yg menderitan penyakit diabetes, mengingat penyakit diabetes itu dapat menurun, apakah saya bs terkena diabetes karena faktor keturunan walau bukan dari ayah ibu saya?
    Dan apa pula penyebab dari rusaknya pankreas selain kurang konsumsi omega 3?

    • Diana, asswrwb, walau DM penyakit keturunan, bukan berarti setiap keturunannya akan terkena DM, ada ru,usnya, tanya dokter ahlinya, setahu saya sih silang, dari ibu ke anak laki dan sebaliknya, tapi tidak mutlak…
      Daripada bingung, lebih baik segera melakukan pola hidup sehat saja…

      • oh berarti pertayaan saya terjawab. Berarti memang ada faktor keturunan juga yang mempengaruhi penyakit diabetes

      • obat herbal, asswrwb, utk jenis DB tertentu, memang ada pengaruh turunan, tapi kebanyakan karena salah pola hidupnya…

  69. Selamat sore bpk tirta,saya dari bali.
    pak saya mau sering tentang penyakit ibu saya yang hampir 3 tahun sudah,ibu saya punya penyakit diabetes,dan akibat penyakit itu badan ibu saya menjadi kurus yang dulunya gemuk,saya pengen tau apa pengobatan yang harus saya lakukan untuk ibu saya,karena saya sudah lakukan banyak hal untuk menyembuhkan penyakit diabetes ibu saya,cuman belum berhasil,,saya minta bpk untuk menjawab pertanyaan saya dan memberikan saya jalan keluar yang terbaik….regards/ratna

    • Dewi. Ratna, asswrwb, jawabannya sudah saya tulis dalam jawaban terdahulu, silahkan dilihat….

  70. pak tirta saat ini ibu sya sedang menderita penyakit diabetes,sudah hmpir 3 tahun lebih tdk kujung sembuh2…bagaimana cara untuk mengurangi penyakit itu kalau boleh tau…saya dewi

  71. saya chek gula darah puasa 116 trus saya chek lagi 2 jam pp 216
    saya sdh di katagorikan terkena DM ,namun katanya kalo kalo kena DM
    ada tandanya antara lain :haus terus,mlam sering buang air kecil ,laper terus,dan ngantukan ,tapi semua tanda itu tidak ada pada saya,
    trus waktu saya chek badan saya masih besar karena saya takut saya diet dan olah raga,sekarang berat badan saya turun dalam waktu 4 bln
    apakah turun bb saya ini karena diet dan olah raga atau karena gulanya
    mohon banget bapk dapat menjawabnya,saya tunggu ya pak,
    terimkasih ya pak

    • Iwan, asswrwb, saya bukan dokter, jadi penjelasan saya ini hanya berdasarkan pengalaman merwat isteri saya yang terkenaDB dulu…
      Tanda tanda tersebut belum anda rasakan karena DB anda masih relatif ringan, karena ukuran acak sekitar 200 an msih dianggap batas toleransi turun naik akibat asupan makanan …tapi anda harus segera melakukan diet ketat dan olah raga dibawah sinar matahari antara jam 8-12 pagi selama satu jam penuh setiap hari secara rutin, kalau mau sembuh…

  72. terima kasih atas infonya

  73. maaf… keluarga saya mayoritas penderita diabetes.. papa saya,jajek,tante saya meninggal karenanya,,sekarang kedua om saya jg menderita… alm.papa sy mengkonsumsi ‘mauni’ lalu di tumbuk dan di masukan kedalam pil kosongan,rasanya pait sekali… sebenarnya apa manfaat dr mauni tsbt????
    alm papa sy menderita diabet basah,,jika kaki nya luka,,sulit sekali sembuh,,yg ada mlh jd parah… _sekedar bagi ilmu_ alm papa sy biar kata luka di kakinya sukar sembuh..tp Alhamdullillah sampai meninggal tidak terjadi amputasi,,bhkn lukanya menutup.. alm papa sy ‘meng akali’nya dengan GULA YG DIHALUSKAN,LALU DI AYAK SAMPAI BENAR2 HALUS… jd caranya… setelah lukanya di bersihkan dg rendaman air daun sirih hangat+garam,,dikeringkan,, lalu lukanya di beri betadine,,setelah itu ditutup dg gula…setelah tu dibalut xmp benar2 tertutup… lukanya memang menutup… saya tau sebab terkadang saya yg membersihkan lukanya n menyiapkan obat… justru karena terlalu bny minum obat2an,ginjal pap sy yg kalah..

    sekarang yg mau saya tanyakan.. bagaimana garis penurunan penyakit diabet…sebab katanya penyakit ini turun temurun… sy kalau ga kena manis bisa lemas n seperti orang sakau.. saya takut jika saya yang berikutnya… atau adik saya yang laki2,usianya 10th….???
    saya minus 3 silinder 2… 2hr yg lalu tekanan darah saya 170… padal usia saya baru 23th tgl 9 sept ini… saya mudah lelah.. sering buang air kecil..
    apakah ank2 sudah bisa terkena diabeet???

    sebab lambat tapi pasti…. MEMATIKAN….

    terima kasih banyak….

  74. ass pak tirta sy mau nanya ibu sy kena penyakit gula kering
    kadar gula nya dah 300
    bagai mana cara menyembuhkan nya
    mohon jawaban nya makasih sebelum nya

    • aldiansyah, asswrwb, silahkan baca diblog saya, sudah dibahas lengkap…

  75. Aslmk,,,,pa diabetes melitus yg seperti apa?

  76. assalamu”alaikum….pak perkenalkan nama saya nanda….saya sering buang air kecil apalagi malam…berat badan turun…umur 18 tahun…apa itu indikasi diabetes? sudah beratkah…? langkah apa yang harus saya lakukan..? terimakasih…assalamu’alaikum…

  77. pak saya galuh, ayah saya menderita DM sekitar 350, nah tiba-tiba ayah saya kena struk sebelah kiri… apakah itu ada hubungannya dengan penyakit gula itu pak? Dan bagaimana cara mengatasinya? terimaksih pak….

  78. hidup sehat bisa mencegah dan menyembuhkan diabetes.

  79. tips yang sangat bermanfaat…. terimakasih ya infonya…
    mantapp…. ane juga ada tips2 yang laen gan… :)

  80. ada tidak cara pengobatan yg memakai bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan kalo ad apa it?dan bagaimana cara membuatnya?teruz ap apa dengan cara ini bisa menyembuhkan secara total…??

  81. woh begitu ternyta. Jadi diet karbohidrat cuma menunda kerusaka organ pankreas tapi tidak mengobati. Tapi, ada mitos bahwa diabetes juga dipengaruhi oleh faktor keturunan, apakah benar demikian?

  82. Ass… Pak penyakit DM itu apakah dapat menyebbkan penyakit hipotensi dan strooke tidak pak??

    • Trio, asswrwb, ya, DM adalah “Ibu dari semua penyakit”, semua penyakit bisa diakibatkan oleh DM, termasuk Hypertensi dan Strooke…

  83. nice info. sangat membantu yang memiliki penyakit diabetes.

  84. selamat siang pak, saya ketut yarde, ibu saya sudah hampir saty tahun menderita kencing manis, gyla darah nya sering naik turun pak kalau pas naik sampai 300 lebih dan ketika turun bisa sampai 50 saja …. pernah saya mengikuti anjuran temen untuk mengkonsusmsi daun juwet, pemakaian pertama sangat menunjukkAN hasil yg bagus tapi lama kelamaan gula darah nya kembali naik turun …..yang saya ingin tanyakan kenapa bisa seperti itu pak ? dan langkah apa yg harus saya lakukan …. sekarang ibu saya hanya saya berikan insulin setelah gyla darahnya saya cek . terimakasih pak . terimakasih atas perhatiannya.

    ketut – denpasar

  85. semoga bermanfaat, …

    • emak saya kena strock macam mana nak ubat ye kak……….

  86. yg terhormat pa tirta
    saya minta tolong kaka perempuan saya punya pnakit DM
    gula darah nya 210..dan kaki nya dah membusuk..dan bau
    gimana cara pengobatannya
    sdangkan tuk berolahraga gak bisa jalan
    gimana cara pengobatan secara alami/herbal?

    aku mohon dngn sangt petunjuknya?

    • Ibey, asswrwb, kalau sudah terluka dan membusuk, berarti sudah parah, pasti lebih dari hanya 210, segera bawa kedokter spesialisnya, karena harus melakukan pengobatan “Darurat” dulu, baru kalau sudah mengering dilakukan perawatan dan penyembuhan secara Herbal…Kalau mau ke penyembuhan Alternatif, silahkan bawa ke Klinik Tung Fang dari Cina, ada di iklan TV…

  87. pak tlng ksh alamt sinse yg di bgor yg bs nembuhin DM.

  88. Pak.selain mengkonsumsi omega 3 yg lain pa ge ????makasih jwbnnya pak

  89. asslamualaikum ,
    nma sya efri sya mmliki tman yg menderita pnyakit gula, awal mengetahui dy mmliki gula drah wktu dy kcelakaan truz kaki nya ada yg bolong, luka nya lama sekali kering,smpi 3 bln blum kering2 lukanya.
    saat dcek kdokter teryata gula drah sdh 169 yg saya ingin tnyakan :
    1. cara penyembuhan yg efektif
    2. mkanan apa sja yg boleh dkomsumsi
    3. btuh berapa lma untuk menyembuhkan penyakit neii ,
    trimakasih ..
    wassalam ..

  90. semoga TIP ini menjadi salah satu resep yg bermamfaat utk orang banyak dan pemerintah harus membuat program Sosialisasai lewat posyandu

  91. assalamualaikum….
    nama saya dhika,ayah saya menderita penyakit diabetes ,yang sekarang ini kondisinya sudah sudah tidak memungkinkan lagi.
    kaki sebelah kanannya luka mampir smpai kelutut.telapakkakinya hampir habis karena kulitnya sudah mengelupas sedikit demi sedikit.
    gula darahnya pnah sampai 600
    pertanyaan saya,bagaimana cara mengatasi lukanya agar bisa kering?

  92. terimakasih infonya bermanfaat..

  93. Bagaimana untuk penyakit diabetes yang menyerang paru-paru? cara mengobatinya bagaimana?

  94. pak,saya mau nanya apakah bener orang yang rajin cuci darah fungsi ginjalnya akan normal kembali?

  95. ass..pak saya mau tanya,bapak saya beberapa hri ini sering buang air kecil 5 sampai 6 kali dalam satu malam.yang saya baca itu adalah gejala diabetes.sementara bapak saya tidak mau pergi ke doktor untuk konsultasi..bagaimana cara mengatasi nya ya pak ..bagusnya makanan apa dan minuman apa yang bagus untuk di konsumsi..?
    saya tunggu jawaban nya pak …
    ass.

  96. saya merasa beruntung hari ini bertemu dengan blog bapak, seseorang yang sangat pemurah mendermakan ilmunya. semoga limpahan berkah Allah selalu bersama bapak dan keluarga. amin….

  97. bagus…

  98. thank infnya

  99. Infonya bagus buat saudara2 kita gan, update terus biar tambah pahala

  100. assalamualaikum..
    pak. ada obat yg alami nga’ !
    k.lo ada, apa aja tolong pak.

    • jiung, resep isteri saya yang pernah dia lakukan: Setiap hari jalan kaki antara jam 6-8 pagi selam satu jam penuh; makan supelmen Salmon Omega 3; Jamu rebusan daun salam; jamu rebusan kulit pohon Jamblang Juet; jamu /teh pahit DM dari apotik herbal dll banyak lagi…tapi yangb palin penting PIKIRANNYA HARUS POSITIF…

  101. Makasih infonya

  102. Sayaaa suka ulsan yg ada d atas ,,,,,,

  103. Maaf,sya mash 14th apa mungkn saya punya pnyakt kencing maniz.? Karna sya selalu mrasa ksakitan saat kencing,dn setiap 2jam pasti sya wajib ke Wc krna rasanya pngn kencing padahal kencing nya hanya sdkt. .
    #mohon d jawb

    • irma, sekarang ini penyakit DM/kencing manis bisa menyerang siapa saja, mungkin faktor keturunan, sebaiknya segera periksa laboratorium dan berobat ke dokter ahlinya..

  104. pak saya mau tanya apa kah benalu bisa menyembuhkan penyuakit DM. sy minta penjelasan lbh detail lg pak mengenai obat herbal dan jus buncis tersebut.

  105. Makasih infonya
    saya masih 20 tahun, tapi kayaknya saya kena gejala2 deh!!!

  106. asslm… apa benar beras jagung itu merupakan salah satu alternatif makanan yg sehat dikomsumsi bagi penderita DM ya selain beras merah ??

    • awal, setahu saya beras jagung karbohidratnya tinggi, kurang baik, lebih baik dan aman adalah kentang rebus saja..

  107. MAKASIH ,TULISANNYA AMAT BERARTI UNTUK MENAMBAH WAWASAN KAMI. KARENA KAMI JUGA MEMPUNYAI SEJARAH KELUARGA YG MENGIDAP DIABETES. DITUNGGU INFORMASI BERIKUTNYA. ®©T

  108. memang seharusnya kita harus h
    idup sehat,sesering mungkin kita berolah raga dan mengatur pola makan yg sehat dan tidak belebihan mengkosumsi makanan. makan buah-buahan atau sayur-sayuran. dan yang pasti selalu berdoa kepada Allah Swt agar selalu diberikan sehat dan hati yang tentram. amin

  109. Pak, Mohon Ibfo Sinse Bogor berikut no telp nya?

    THX

  110. Infonya sangat bermanfaat bagi saya,..
    trimsky atas infonya. saran saya infonya mohon ditambah lagi supaya lebih lengkap,…

  111. Slmt malam,utk penderita DM agar tdk tergantung dgn obat kimia apa yg hrs dilakukan serta mhn infonya utk memperbaiki pankreas selain menjalankan olahraga,diet ketat,minum suplemen omega 3,apakah obat dokter ttp hrs diminum??terimakasih sblmnya

    • Dewi, obat kimia hanya boleh diminum DALAM KEADAAN DARURAT SAJA, bukan berkepanjangan karena merasa nyaman bisa bebas makan segala macam makanan yang disukai…karena obat kimia jenis apapun, sebenarnya meracuni ginjal dan lever peminum obat itu, hanya dokter tidak memperingatkan secara jelas…
      Dalam keadaan darurat maksudnya karena pingsan, terlalu lemah, karena kadarnya sudah terlalu tinggi, misalnya diatas 300 an…kalau sudah turun sekitar 200 saat periksa secara acak/tidak puasa, hentikan obat kimia, minum minuman herbal, supelmen Omega 3 salmon, dan olahraga ringan setiap hari, jalan dibawah sinar matahari pagi antara jam 6-8 pagi, disamping dieet makanan yang dilarang dokter…
      DM tak akan sembuh total, tapi bisa dikendalikan dengan disiplin hidup yang ketat…kalau malas…ya gak akan berhasil…

  112. Pak informasi, kalau pengobatan alternatif diabet di semarang ada dimana? bapak saya kadar gula darah 475 an dan sudah dibawa kerumah sakit, skarang sudah pulang dirumah kadar gula 300 an badan masih lemas kalo jalan sempoyongan dan untuk makanan sehari-hari sebaiknya konsumsi apa? terimakasih bapak atas jawabanya saya tunggu

  113. terima kasih banyak atas segala informasinya. saya usahakan untuk adik kandung saya tercinta yang menderita diabetes untuk menghentikan obat kimia dan berganti dengan minyak ikan salmon. semoga diberi kesembuhan. makan kentang rebus dan meminimalisir makan karbohidrat tinggi.

  114. maaf…………….
    saya mau tanya…………..
    1.badan saya tersa capek terutama pada kaki……..
    kaki saya tu sering merasa pegal2 kayak habis jalan jauh aja
    2.setiap malam mau nya kencing hampir tiap jam….kadang2 dah tidur jd kebangun gara2 terasa pengen pipis……..kadang2 memang ada air kencing nya dann banyak,tp kadang2 dikit tergantung minum nya banyak apa ngak
    3.memang perasaan pengen minum aja karna terasa haus trus………..
    4.bagian perut kalau di raba agak sedikit panas.
    5.mata terasa sedikit panas pada kelopak mata dan bagian atas mata….
    6.sering lupa…….
    7.air kencing nya kayak warna kuning air teh.
    8.pinggang terasa pegal2………….
    sesuai keterangan di atas apa saya ada penyakit diabetes atau ada penyakit lain….?

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  115. Ass Pak..
    saya baca di coment2 anda yakni pantang makanan salah satunya nasi,,kalo nasi di ganti dengan bubur apa bisa ? apa dua duanya ga boleh ?

    terima kasih

    • Sebaiknya diganti dengan kentang rebus. kalau bubur sebenarnya sama saja karena cepat berubah jadi gula dalam darah, tapi jelas karbohidratnya tak sebanyak nasi….kalo isteri saya suka makan nasi yang sudah diinapkan satu malam atau lontong yang dikukusnya lama, agar kadar karbo hidratnya menurun…kadang kadang juga bubur…Tapi yang penting obat DM itu olahraga jalan kakai selama satu jam antara jam 6-8 pagi setiap hari!…Far Infra Red Sinar Matahari pagi adalah obat paling baik!

      • Alhamdulilah pak ibu saya sudah turun yang dulu 260 sekarang jadi 170 walaupun ga setinggi dulu tp sudah saya anjurkan saran dr bapak agar bisa turun lagi dan semoga saja bisa sembuh total ..
        terima kasih buat sarannya pak ..
        kalau minum daun sirsak dan teh rosela apa bisa pak untuk menurunkan ?

      • Bisa

  116. Trimakasih atas infonya yg sangat bermanfaat.. :)

  117. pak,suami saya terkena pnyakit kncing manis dngan kadar gula sampai 210 apkah itu sangat membahayakan.

    • Nur laila, kalau tidak diobati ya pasti akan semakin parah n membahayakan, sekarang belum!

  118. Pak saya udah terkena DB semenjak 1 tahun lalu.. kan kalau orang DB itu gampang lapar, apa sih cemilan sehat untuk para penderita DB ?

  119. Makasih buat infonya.trus itu bahan bahan.seperti daun jambu.kunyit putih.sama rambut jagung diapain ya.makasih

  120. Assalammualaikum….
    pak… saya mau tanya bapak saya dinyatakan menderita DM dan gula darahnya mencapai 397,kolestrol nya pun tinggi dan beberapa bulan ini sudah di obati dengan cara herbal dan olah raga rutin tetapi hanya dapat turun sedikit dan semakin lama bpk saya semakin lemah. apa yang harus saya lakukan ?

    • Septika, cara mengatasinya sudah saya tulis diblog ini, salah satu yang sangat penting adalah mau disiplin memperbaiki Pola Pikir, Pola Makan dan Pola Olah Raga, secara tekun dan terus menerus. Kalau ada waktu, bawa bapanya ke Terapy Alternative H.Erna di Ciawi Bogor, dekat Alfa Mart Rancamaya Ciawi Bogor. Beliau pasiennya setiap hari rata rata 100 orang, dari berbagai kota. Silahkan coba.

  121. assalamualaikum!! usia saya 30th, dua hari yang lalu saya baru saja di vonis oleh dokter dengan DM..kadar gula saya 185..pak Tirta apakah DM yang saya derita ini masih bsa disembuhkan karena dokter menyatakan “Anda minum obat seumur hidup”! jujur saja saya dan istri saya sock dengan pernyataan ini. adaakah olah raga lain selain pukul 06-08pagi, mengingat jam kerja saya sebagai seorang pengajar pukul 06.30 -16.00. Mohon saran dan bimbingannya karena saya awam dengan penyakit ini

    • Darmuji, asswrwb, kalau hanya 185, baik saat puasa atau 2 jam setelah makan/buka puasa, memang tergolong gejala DM, tapi belum berat. Normalnya adalah saat puasa, gula darahnya antara 80-100, 2 jam setelah buka puasa sebaiknya 100-120.
      DM ada dua macam, yang disebabkan Faktor Keturunan/bakat dan yang akibat salah pola hidup (pikiran, olahraga dan makan). Yang harus minum obat seumur hidup itu yang karena faktor Genetis/keturunan, tapi yang akibat salah pola hidup, bisa normal lagi asal selalu mau mengendalikan Pola Pikir, Pola Olahraga dan Pola Makan secara disiplin. Caranya sudah pernah saya tulis diblog ini, silahkan browsing. Kalau ada waktu akan saya tulis ulang…

  122. Asslmmlkum… pak saya mw tanya, ibu saya usianya 64 tahun. beliau menderita diabetes / komplikasi. setiap malam suka keringat dingin yang berlebihan dan itu menimbulkan rasa yang tidak nyaman baginya. apakah itu termasuk dari salah satu akibat penyakit DM ? Kalau Iy , Bagaimana Cara Penyembuhannnya . Kalau tidak, Itu Jenis Penyakit Apa ?

    Mohon Balasannya Pak ,

    Wlkkmslm …

  123. ass. dok mama sya mnderta DM (55) thn skrang sudah kesyarap tiap malam susah tidur, kedokter sudah tp tidak ada prubahn gmn untuk menghilangkan nyerinya syraf seluruh tubh .gulanya 170 d cek 2 hr sblmnya krn memakai insulin skrg sudah 1 mgu mash nyeri sampai menangis

  124. trusan yany tadi tolong cara yang paling ampuh saya hrs gmn agar mamah saya tidak mencerit kesakitan smpai jegang-jegang.

  125. Mohon berbagi ilmu bagaimana cara mengobati pankreas yang benar? dan apakah benar-benar bisa mengobati pankreas? mohon info ya, terima kasih banyak.

  126. apakah benar pankreas bisa diobati? mohon info nya jika ada yang tahu, terima kasih.

  127. bagaimana cara mengobati pankreas yang benar?

  128. Pak sy punya adik sepupu yg msh berusia 4thn,dia terkena dm tgl 25 nov 2012.ini kadarnya gulanya 650,tapi sekarang udah turun menjadi 300.boleh tdk dia mkn nasi tapi miinumnya teh daun sirsak yg di celup yg sekarang byk di jual tanpa gula.terus apakah obat jelli gamat luxor atw ace maxs bs menyembuhkan dm.mksh infonya.

  129. Assalammualaikum pak…
    Ibu saya mengidap penyakit DM itu sekarang gula darahnya mencapai 400. .dan sekarang baru pulang dari rumah sakit karena kaki nya bengkak..kata dokter di kaki ada nanah nya yang sudah bercampur darah..dan sudah dirawat di rumah sakit tidak ada perubahan. . sekarang apa yang harus di lakukan ibu saya supaya kaki nya gak bengkak lagi…
    apa nutrisi HERBALIFE it bagus buat penderita penyakit DM?
    Mohon sarannya pak…agar ibu saya cepat sembuh
    terima kasih sebelumnya

  130. Infonya sangat berkualitas karena saya mendapatkan pengetahuan yg beda dari info-info lainnya..
    terima kasih

  131. ass..
    pak,ibu saya kena diabetes sudah sekitar 5 bln.pada wkt itu koma di rs kadar gulanya mencapai 518,apakah pada kondisi seperti ini DMnya bisa disembuhkan&pankreasnya bisa normal seprti semula.dan ramuan herbal sprti apa yg cocok utk diabetes.
    trimakasih mhn dibalas pak..

    • Isteri saya pernah mencapai 596, tapi karena rajin olahraga jalan kaki setiap hari dibawah sinar matahari pagi antara jam 6-8, ditambah dieet lemak, karbo hidrat, dan rajin minum jamu herbal, sekarang sudah normal lagi….ikuti saja cara isteri saya ini…

  132. dok, bagaimana dengan penderita dm dengan terdapatnya gangren di kaki? 80% kaki ibu saya pasca operasi terbuka dan dalam proses pembersihan gangren, dapatkah gangren menyerang tulang?

    • Berarti ibu anda menderita DM “Basah”, artinya kalo luka, sulit mengering dan akan infeksi…sebaiknya pergi ke shinse yang ahli DM, bisa dicari di Internet…Umumnya obat Cina /shinse lebih manjur…

  133. [...] tirtaamijaya.com [...]

  134. Saya wanita 42 thn dan sudah mengidap diabetes selama 10 tahun. Kadar gula paling tinggi 300 an. Pada saat masih ngantor saya sulit mengontrol makan jadi terus minum obat. Setelah resign 4 tahun lalu saya mulai diet terutama gula dan nasi. 2 tahun lalu menghentikan minum obat dokter karena kalau saya minum meskipun dosis sangat kecil, gula darah saya drop di bawah 70. Kemudian saya coba mengkonsumsi kapsul herbal berisi daun salam, sambiloto, brotowali dan juwet yang harganya sangat terjangkau. Sebelumnya saya minum 2×3 selama setahun tapi karena hasilnya baik saya sekarang hanya minum 2×1 sehari untuk jaga-jaga. Sekarang kadar gula saya di bawah 200 bahkan puasa atau 3 jam setelah makan di bawah 120. Sebagai pengganti nasi saya makan oatmeal, roti gandum atau kentang tanpa dikupas. Mudah2an pengalaman saya bermanfaat.

    • Langkah terapy yang anda lakukan sangat tepat, tambahkan olahraga jalan kaki setiap pagi antara jam 6-8, sekitar satu jam, pasti akan lebih sehat…

  135. oke thnx infonya..

  136. jus buncis nya mentah apa mateng?

  137. apakah DM yang sdah naik k mata dn matax sdh tdk bsa mlihat/buta msh ad kmungkinan utk dpt mlihat lg? trmksh sbelumnya

  138. siang pak dokter. sebelumnya terima kasih dah mau ngebaca dan memberikan saran kepada saya…
    saya langsung saja..!
    saya punya permasalahan tiap kali aku luka lama kali sembuh nya,sampai terjadi pembengkakan dan bernanah,,rasa sakit nyeri sampai1 sampai 3 bulan sehat nya,,padahal saya dah mkan obat,,,saya sangat terganggu dan bekaktivitas karna rasa sakit yang saya alami..mohon bantuan dan solusi nya pak dokter..
    saya ucapkan terima kasih wasallam

  139. pa, kalo air liur kita terasa manis apakah itu termasuk gejala diabetes,,?
    terimakasih pak,,

  140. Ass.
    Pak tirta saya riza dan umur 28 mau 29 besok bulan februari. Saya hari minggu tanggal 15 september 2013 pukul 17.30 saya cek gula darah 181. Apakah saya kena DM positif apa GEJALA DM. Apakah DM saya bisa di sembuhkan??
    Papa saya terkena DM umur 28 th dan sekarang umur 50 th, kakek saya juga meninggal terkena DM, saya anak pertama dari dua bersaudara, mohon bantuannya.
    Makasih

  141. Somoga informasih dari bapak bermanfaat untuk kita semua, dan pahala’a di limpahkan kepada Bapak Tirta:
    amiiinn.

  142. gimana kalau air sarang semutnya diinapkan selama 15 hari ,,
    apa tidak berbahaya gan ??

  143. pak mo tnya..umr sya saat ni 29th dn sdg dlm kondisi hamil muda(ank prtma).sya pny pnykit diabetes.prnah hmpir nympe 500 gula darah sya.dlu sblum hmil knsumsi obt glibenclamide.krna ssah normal sya cba ramuan herbal.tp smenjak hamil sma dkter sruh sntik insulin.tp kok ttp ssah trun ya?smpe skr gula drah puasa msh d ats 200 dn gula drah ssdah mkn d ats 300.apa lgi yg msti sya lkukn agr gula drah bs normal dn bayi sya bsa shat?

  144. assalamualaikum pak mau tanya kalau dampak makanan jika tidak sesuai dengan penyakit DM gimana pak dampaknya??

  145. Salam sejahterah Pak n all reader
    Pak, saya ingin bertanya tuk lebih jelas lagi, mengenai luka bolong yg menahun di telapak jempol kaki ibu mertua saya. Usia 60th, ada penyakit kencing manis, dengan gula darah berkisar rata2 120-160 sebelum makan. Luka bolong tersebut telah lama tdk hilang, sering dan berbagai mcm cara pengobatan dilakukan tetapi tdk pernah bs membuat lobang tersebut tertutu psempurna, pernah jg ingin di amputasi, tetapi dokter menganjurkan rawat saja, dibersihkan, dibuang kulit matinya dll, hasilnya lubang mengecil. Namun selepas keluar rmh sakit, hari berganti hari, lobangnya kembali seperti semula, membesar lagi. Tidak borok dengan lobang seukuran uang logam rp.25, berwarna merah ( daging dalam ),
    Dengan seputaran lobang kulitnya putih pucat seperti kulit yg lama terkena air ( mungkin pengaruh dibungkus ) Pengobatan yg dilakukan sekarang dibersihkan di beri obat luar, dan di bungkus, kalo malam di buka. Namun berbau, seperti bau pengap kaos kaki, tidak sedap. Pak, sekiranya perawatan seperti apa yg lebih tepat untuk kami jalankan setiap hari, mengingat kami rawat di rumah saja. Dan apakah memang lobang tersebut tdk akan bs menutup sempurna lagi.
    Terima kasih banyak

  146. Assalamualaikum pak,, mau nanya, untuk memperbaiki pankreas salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung omega 3, picturenya boleh dishare pak? berhubung suplemennya lumayan banyak pilihan, manakah yang terbaik, ataukah sama saja? Mohon infonya pak, terimakasih :)

    • Saya punya saudara yg terkena diabetes, setelah mengkonsumsi daun insulin yg direbus keadaannya semakin membaik. Jika ada yg membutuhkan daun insulin ataupun bibitnya silahkan datang ke lahan saya di jl. Raya solo sragen km. 10,5 atau hubungi saya wawan 082226567838. Terima kasih

  147. setahu saya blum ditemukan obat utk memprbaiki pankreas hingga kini, mk itu saya bertanya apa saja kerjaan para peneliti bidang kesehatan selama ini ya..?masaseh apa penyakit yg tdk bs disembuhkan, tp ma.af jk saya yg kliru, mhn penjelasan d n tx ya.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.227 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: